Pengetahuan

7 Jenis Pekerjaan Keren Bagi Penulis di Dunia Industri

Menjadi penulis dengan gaji yang tinggi adalah impian dari sebagian orang. Tetapi, tahukah kamu, ada banyak jenis pekerjaan yang dilakukan dengan menulis. 7 diantaranya adalah;

Andri Marza Akhda7 Oktober 2021

Menulis adalah pelajaran wajib yang pastinya pernah Sobat Teknik lalui saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Metode belajar yang dasar inilah yang justru menjadikan banyak orang kesusahan. Penulis dapat sebut salah satunya adalah penulisan skripsi, bahkan mungkin beberapa dari teman kamu atau bahkan Sobat Teknik sendiri masih struggle menulis skripsi.

Untuk tips menulis skripsi, Anakteknik.co.id, telah membahasnya lengkap pada banyak artikel di blog. Salah satunya adalah artikel di bawah ini.

Baca juga : 7 Tips Menentukan Judul Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tau!

Menulis itu mudah, tapi menjelaskan maksud tertentu ke dalam sebuah tulisan, tidak semudah menulis biasa. Dunia industri memahami baik tentang hal itu, dan tak jarang banyak perusahaan yang mau membayar orang lain "hanya untuk menulis".  Lalu apa saja jenis pekerjaan di dalam dunia industri yang berkaitan dengan menulis ?. 

Seperti biasa, Penulis telah berikan 7 daftarnya untuk Sobat Teknik. Penasaran ? Mari baca artikel ini lebih lanjut!

1. Blogger

7 Pekerjaan Menulis : Blogger
Blogger

Blogger  adalah istillah bagi mereka yang bekerja mendirikan suatu blog dan merawatnya. Ada 2 jenis platform yang banyak digunakan oleh blogger, yakni Blogspot dan juga WordPress. Kedua platform tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Apabila Sobat Teknik menginginkan solusi yang lebih bersahabat dengan kantongnya, maka Sahabat dapat memilih platform Blogspot dan membeli domain yang tersedia pada jasa penyedia domain.

Sobat Teknik tak perlu lagi memusingkan hosting sebagai cloud server untuk blognya, karena Google menyediakannya gratis untuk Sobat Teknik. Berbeda dengan WordPress, platform mengharuskan kamu memiliki domain + hosting, agar kamu dapat menunggah gambar di blog. Meskipun terkesan tidak bersahabat di kantong, WordPress punya banyak kelebihan, dan salah satunya adalah mudah menerapkan kaidah SEO (Search Engine Optimization).

Pekerjaan menjadi full time blogger memang umumnya dilakukan secara mandiri, dan apabila sudah berkembang Sobat Teknik dapat melakukan scale up bisnisnya, baik dengan teknik horinzontal maupun vertikal dengan rekrut banyak penulis. Bagian tersulit menjadi seorang blogger bagi penulis adalah mendapatkan skor Domain Authority yang tinggi

Dari mana duit Blogger ?

Pertanyaan di atas mungkin menjadi pertanyaan yang dari tadi Sobat Teknik ingin tanyakan. Ada banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh blogger. Salah satunya, dan yang paling familiar, tentu saja adalah Google Adsense dan penyedia jasa iklan sejenis. Apakah hanya sebatas itu ?, tentu tidak ya.
Berikut beberapa sumber penghasilan yang mungkin didapatkan oleh seorang blogger

  • Menjadi Publisher Iklan Google Ads atau yang sejenisnya
  • Mendapatkan uang perusahaan sponsor yang meminta konten placement iklan di blognya.
  • Pemesanan artikel oleh perusahaan
  • Pembuatan backlink untuk website perusahaan yang memesan jasa.

2. CopyWriter

7 Pekerjaan Menulis : Copywriter
Copywriter

Copywriter adalah orang yang bertugas untuk menulis copy atau bahasa mudahnya caption untuk sebuah iklan. Ads Copy atau Copy Ads tersebut nantinya bisa bermanfaat untuk tagline, headline dari sebuah konten iklan berbentuk gambar. Tugas dari copywriter tidak akan jauh-jauh dari menentukkan teks yang tepat dalam landing page, teks untuk iklan, dan juga caption berjenis soft selling maupun hard selling.

Tidak hanya sebuah tulisan pendek saja, beberapa perusahaan bahkan mewajibkan Copywriter untuk dapat menulis artikel yang menjual.

Musuh terbesar untuk menjadi Copywriter adalah typo, karena salah iklan atau Copy Ads, bisa berakibat fatal pada strategi marketing yang dijalankan oleh perusahaan.

3. Technical Writer

Contoh Tulisan Technical Writer
Technical Writer

Berikutnya adalah technical writer. Sesuai dengan namanya, technical writer bertugas untuk menulis dokumentasi yang bersifat teknis. Gampangnya, technical writer bertugas untuk membuat dokumentasi penggunaan aplikasi, panduan menggunakan barang, panduan menggunakan layanan website, maupun mencatatkan FAQ (Frequently Asked Question) dan terminologi.

Dokumen-dokumen seperti inilah yang memang banyak membantu kita dalam menggunakan layanan dari suatu perusahaan. Ambil contoh besarnya adalah layanan Facebook. Terdapat banyak dokumentasi dan FAQ yang membantu kita dalam penggunaan layanan Facebook, mulai dari Creator Studionya hingga Facebook Ads. 

Baca juga : 7 Teknik Marketing Yang Wajib Diketahui Di Industri Kreatif

Tak jarang, Tehnical Writer juga diikutsertakan dalam proses awal penentuan sebuah produk ataupun saat akan menentukan suatu jasa. Technical Writer juga harus terbiasa memahami berbagai macam diagram yang biasa digunakan ketika akan membangun sebuah produk digital. Seperti Unified Modelling Language, Entity-Relationship Model, Data Flow Diagram, dan kembaran-kembarannya.

4. Editor

Editor
Editor

Ada sedikit kesalahpahaman di tengah masyarakat, dan mengatakan bahwa editor adalah mereka yang bekerja sebagai pembuat video. Padahal tidak demikian, sebutan editor lebih ditujukan kepada mereka yang bekerja untuk mengoreksi tulisan orang lain. Umumnya, jenis pekerjaan ini bisa kamu dapatkan pada website-website yang menerima tulisan orang lain. Juga dalam bidang percetakkan buku, majalah dan lain, editor berperan penting untuk memastikan bahwa setiap kata di dalamnya sudah memenuhi kaidah yang seharusnya.

Untuk pembuat video, kita dapat menyebutnya sebagai creator video atau videografer.

5. Script Writer

Contoh Scirpt Video
Script Writer

Berbicara tentang video, maka tidak akan jauh-jauh dari yang namanya naskah ataupun skrip. Videografer, memang bisa saja membuat video langsung dengan sekali take atau berpuluh-puluh kali take. Sayangnya cara ini tidaklah efektif, dan memang sangat konyol diterapkan. Untuk itu, perlu adanya panduan seperti apa dialog, serta reka kejadian yang akan terjadi di dalam sebuah video.

Mulai dari bagian menulis intro, prolog, inti, klimaks dari sebuah masalah, hingga pada penyelesaian, semua hal tersebut menjadi tanggung jawab daripada Script WriterPekerjaan ini bahkan dapat penulis katakan dengan esktream, mirip-mirip sutradara tapi versi gadungannya.

6. Translator

Translator / Penerjemah
Translator / Penerjemah

Perusahaan besar yang sudah Go-International, pastinya memiliki seseorang Content Writer dengan kemampuan lengkap sebagai translator. Sebagaimana yang kita tau, umumnya penulis terjemahan minimal sudah menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Baik itu Bahasa Inggris baku, maupun yang Sastra. Pekerjaan ini memang lebih banyak dikerjakan menggunakan audio atau suara, namun bukan berarti tidak ada bagian menulisnya.

7. Freelance Writer

Freelance Writer
Freelance Writer

Yang terakhir adalah penulis lepas atau freelance writer. Hampir sama seperti blogger, freelance writer hanya akan bekerja ketika mereka mendapatkan sebuah proyek. Adapun ruang lingkup pekerjaan dari freelance writer ini sangatlah luas. Ia bisa menjadi copywriter, web content writer, script writer dan lain-lain. Freelance writer tidak terikat pada perusahaan, dan biasanya hanya memiliki blog pribadi yang berfungsi sebagai portofolio saja.

Jenis pekerjaan ini, sekarang sedang banyak digandrungi oleh anak-anak muda Indonesia, tak terkecuali bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia teknik. Anakteknik.co.id, sebagai media terdepan bagi Sobat Teknik telah menyediakan kesempatan bagi calon penulis-penulis hebat untuk dapat menulis di Blog Anakteknik.co.id. Anakteknik.co.idsiap menerima tulisan berkualitas Sobat Teknik untuk disebarkan ke seluruh Nusantara, dan pastinya Sobat Teknik bisa hasilkan cuan.

Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Share:

0 Komentar