Industri

7 Teknik Marketing Yang Wajib Diketahui Di Industri Kreatif

Industri kreatif adalah industri yang menuntut pelakunya untuk aktfif dalam melakukan pemasaran. Berikut ini adalah 7 teknik marketing yang wajib kamu ketahui di industri kreatif.

Andri Marza Akhda20 September 2021

Marketing adalah sebuah aktivitas atau kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan atau memproses suatu tawaran yang bernilai kepada calon klien ataupun pelanggan. Istillah ini memang sudah akrab di telinga Sobat Teknik, terlebih ditengah padatnya industri kreatif.

Faktanya, perusahaan selalu membutuhkan tenaga terbarukan untuk bidang ini. Perusahaan industri kreatif perlu memahami terlebih dahulu target marketing. Setelah itu, barulah mereka beralih pada langkah selanjutnya untuk menetapkan proses atau teknik marketing yang akan digunakan.

Industri kreatif sendiri adalah proses penciptaan ide dari seseorang ataupun kelompok menjadi produk ekonomi menghasilkan, tanpa eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Di Indonesia ada bermacam-macam industri kreatif, 10 di antaranya adalah;

  1. Arsitektur
  2. Film, Termasuk Fotografi dan Video
  3. Web Development
  4. Riset dan Pengembangan
  5. Musik
  6. Advertising
  7. Fashion
  8. Seni dan Budaya
  9. Penerbitan dan Percetakkan
  10. Desain

Marketing perlu dilakukan oleh industri kreatif agar dapat mendapatkan sumber dana terbaru ataupun investor guna terus menghidupkan build up bisnis.

Lalu apa saja teknik marketing yang harus Sobat Teknik ketahui di dunia industri ?

1. Brand Story

Teknik Marketing
Brand Story

Teknik marketing pertama yang harus Sobat Teknik ketahui adalah brand story. Ini adalah teknik yang menciptakan koneksi emosional dengan calon klien atau pelanggan dengan cara menceritakan produk atau hal yang berkaitan dengan bisnis Sobat Teknik. Di dalam brand story, sering kita jumpai penggunaan tagline agar produk lebih memorable. Contoh penggunaan tagline ini dapat kita lihat pada Anakteknik.co.id dengan tagline Tebar Inspirasi pada Negeri.

Selain tagline, pasar industri juga banyak menggunakan jasa artis sebagai brand ambassador dan berharap dengan itu brand menjadi viral. Penulis menyebutnya sebagai viral marketing, dan viral marketing ini tidak hanya bisa dilancarkan pada mereka yang sudah memiliki nama besar di dunia industri kreatif. 

Dengan kecanggihan teknologi sekarang, Sobat Teknik dapat merancang seperti apa viral marketing yang akan dijalankan. Tentunya, harus tetap dalam koridor yang tepat dan elegan.

2. Content Marketing

Content Marketing
Content Marketing

Selanjutnya adalah content marketing. Teruntuk Sobat Teknik yang memiliki kemampuan lebih dalam hal editing foto, grafis, dan juga video, maka sudah sepatutnya Sobat Teknik bersyukur.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Statista, pendapatan Global untuk content marketing mencapai 42,15 milliar USD. Bahkan menurut CMI, 86% pasar B2C (Business to Costumer) percaya bahwa content marketing adalah strategi paling efektif untuk meningkatkan profit.

Baca juga : 7 Aplikasi PC Untuk Tingkatkan Produtivitas Kerja-Kamu

Berikut beberapa aplikasi yang dapat menunjang karir Sobat Teknik untuk menjadi Content Marketing;

  1. Canva
  2. Adobe Illustrator
  3. Adobe Premiere
  4. Inkscape
  5. Animation Desk
  6. Vegas
  7. Adobe Photoshop, Lightroom, dan lain-lain.

Selain dalam bentuk gambar, Sobat Teknik juga dapat menjadi Content Marketing dengan eksplor salah satu elemen multimedia dasar lainnya yakni teks. Atau yang biasa didengar sebagai Content Writer maupun Copywriter, seni menjual produk dengan tulisan.

3. Search Engine Optimization (SEO) Marketing

Teknik SEO Marketing
SEO Marketing

SEO adalah ilmu optimasi website, agar website tersebut menempati urutan pertama dalam mesin pencarian di internet, dengan Google.com sebagai patokan utamanya. SEO dapat dilakukan dengan optimasi konten website, seperti pada artikel atau On Page SEO. Teknik berkaitan erat dengan profesi Content Marketing menjurus pada Content Writer. Untuk dapat mengoptimasi sebuah website melalui SEO diperlukan waktu yang tidak sebentar. SEO Marketer harus dapat memahami dengan baik apa itu research keyword.

4. Social Media Marketing

Social Media Marketing
Social Media Marketing

Memiliki sosial media seakan sudah menjadi kebutuhan yang wajib diikuti. Apabila Sobat Teknik memiliki pengalaman melamar pekerjaan sebagai Social Media Specialist, pastinya akan ditanya tentang sosial media apa saja yang dipunya. “Apa nama akun Facebook, Instagram, Twitter dan juga Tik Tok kamu ? ” pertanyaan itu sering Sobat Teknik temukan ketika melamar posisi tersebut. 

Opini ini juga didukung dengan fakta dari ReadWrite bahwa 83% B2B (Business to Business) memiliki setidaknya akun terkenal pada Facebook, Youtube, LinkedIn ataupun Twitter.

5. Digital Marketing

Teknik Digital Marketing
Digital Marketing

Selanjutnya adalah Digital Marketing, teknik marketing yang pemasarannya dibantu dengan peralatan digital termasuk dalam hal research.

2 dari banyak tools untuk digital marketing ini adalah Facebook Ads dan juga Google Ads. Perlu diketahui, bahwa dengan memahami tools Facebook Ads, Sobat Teknik juga dapat memasarkan bisnis industrinya melalui Instagram

6. Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing

Di nomor 6 ada email marketing. Apabila Sobat Teknik yang memiliki pengalaman dalam bidang digital marketing terkhusus Google Ads, maka hal ini bukanlah hal yang sulit. Mendapatkan 1000 email untuk kemudian dikirimkan penawaran jasa adalah salah satu tools yang bisa Sobat Teknik dapatkan dari Google Ads.

Sayangnya, harus dapat jumlah minimal audiens yang tercapai sebelum bisa menggunakan fitur tersebut.

Alternatif lain, Sobat Teknik dapat lakukan teknik follow up kepada email calon klien yang telah mendaftar pada website sebelumnya.

7. Telemarketing

Telemarketing
Telemarketing

Yang terakhir adalah telemarketing. Teknik pemasaran langsung dengan tenaga kerja menawarkan produknya melalui sambungan telepon.

Itulah beberapa teknik marketing yang wajib Sobat Teknik ketahui pada dunia industri kreatif. Terus ikuti Blog anakteknik.co.id untuk dapatkan informasi bermanfaat lainnya ya.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait