Kreatifitas

7 Website Untuk Bantu Pecahkan Masalah Pemrograman Kamu

7 website ini dapat membantu kamu dalam memecahkan masalah pemrograman yang dihadapi. Bahkan 1 di antaranya wajib kamu miliki untuk portolio programmer saat melamar kerja.

Andri Marza Akhda18 Agustus 2021

Programmer yang hebat, bukanlah programmer yang setiap coding tidak pernah menemukan bug atau error. Programmer juga trial and error dalam coding. Trial and error inilah yang kadang banyak membuat programmer atau calon programmer hebat seperti kamu naik darah. Mencari kesalahan pada kode yang telah kita tulis, tidaklah mudah.

Terlebih jika bahasa pemrograman yang kita gunakan berjenis OOP (Object Oriented Programming) dan bukan lagi Procedural Programming.  

Sebagaimana yang kita tau, OOP adalah jenis pemrograman yang tidak to the point. Kode program dan struktur datanya disimpan ke dalam objek yang nanti akan kita panggil melalui function.

Kembali ke akar permasalahan, yakni tidak mudah mencari kesalahan pada kode yang telah kita tulis, tidaklah mudah. Baik itu procedural atau OOP, miliki kesulitannya masing-masing

Meminta bantuan kepada teman yang jago adalah solusi yang mungkin paling banyak kita lakukan  Namun, apa jadinya bila terman tersebut sibuk ?. Tentunya kamu bisa menggunakan 7 alternatif website keren di bawah ini, untuk membantu memecahkan masalah koding kamu.

Apa saja ke-7 website tersebut ?. Mari kita simak daftarnya bersama-sama ;

1. Github.com

Github.com
Github.com

Github.com adalah forum online berbasis cloud yang mampu menyimpan berbagai kode serta dokumentasi kode tersebut. Jika kamu beruntung, maka kamu bisa menemukan relasi dengan programmer-programmer di forum ini. Bahkan kamu bisa berkolaborasi dengan mereka. Gunakan fitur pencarian yang ada di github.com sesuai masalah yang kamu miliiki. 

Di github, kamu juga dapat menggunakan source code yang user github.com yang siap untuk kita gunakan. Dengan catatan, bahwa akses source code tersebut adalah public bukan private. Tentunya, kita tidak serta merta menggunakannya begitu saja, gunakan customize agar tampilan dari source code tersebut berbeda dari yang sebelumnya.

Buat kamu yang ingin melamar kerja sebagai programmer, maka memiliki akun github.com adalah wajib. Dokumentasi-dokumentasi coding bersifat public yang kamu buat, bisa menjadi portofolio sebagai bahan pertimbangan HRD (Human Resource Development) perusahaan yang kamu lamar.

2. Codereview

CodeReview
CodeReview

Sama seperti Github.com, Codereview adalah forum online yang dapat menyediakan jawaban dari setiap masalah coding yang sedang kita hadapi. Perbedaanya, codereview tidak menyediakan layanan berbasis untuk menampung dokumentasi kode. Codereview secara to the point menyediakan klta kolom untuk bertanya mengenai masalah kode yang kita hadapi. Mirip dengan fitur pertanyaan yang ada di Brainly. 

Jawaban permasalahan tersebut akan kita terima sesegara mungkin, dan pastikan kamu bersabar dalam menunggu. Apabila kamu tidak sabar, maka kamu bisa gunakan iftur pencarian dan masukan keyword permasalahan kode kamu. Kamu bisa jawaban-jawaban ahli terhadap user lain yang mungkin mengalami kendala yang sama.

3. Stackoverflow.com

Stackoverflow
Stackoverflow.com

Sebenarnya, baik Codereview dan Stackoverflow adalah layanan yang sama. Keduanya merupakan jaringan perusahaan dari Stack Exchange. Kamu dapat menggunakan Stackoverflow ini, apabila kamu belum menemukan jawaban permasalahan kode kamu di Codereview. Tentunya, berbeda website berbeda jawaban yang akan kita temukan.

4. CodeProject.com

Codeproject, 1 dari 7 Website Rekomendasi Untuk Pecahkan Masalah Program Kamu
Codeproject.com

Website selanjutnya yang dapat membantu kamu memecahkan masalah pemrograman kamu adalah CodeProject. CodeProject memiliki fitur unggulan, seperti menu articles dari berbagai tema pemrograman, seperti;

  • Arfificial Intelligence
  • Container
  • Database Development
  • Internet Of Things
  • Hosted Services
  • dan lain-lain.

Teruntuk kamu yang suka menulis, kamu juga dapat menulis artikel teknologi pemrorgaman kamu di CodProject.

CodeProject juga telah membagikan forum diskusinya berdasarkan banyak klarifikasi. Forum application lifecycle terpisah dengan forum design and architecture. Pemisahan forum diskusi ini, tentunya akan membantu kita untuk lebih mudah fokus mempelajari suatu bidang, sebelum menuju bidang selanjutnya. CodeProject milki fitur yang sama seperti CodeReview dan Stackoverflow, yakni fitur Ask a Question.

5. Coderanch.com

Coderanch, 1 dari 7 Website Rekomendasi Untuk Pecahkan Masalah Program Kamu
Coderanch.com

Berbeda dari website-website sebelumnya, Coderanch.com sangat cocok untuk kamu yang fokus pada satu bahasa pemrorgaman Java. Java sendiri adalah bahasa pemrograman yang paling banyak developer gunakan untuk membuat aplikasi android. Kamu bahkan bisa mendapatkan info mengenai sertikasi Java Progammer atau lowongan pekerjaan Java Programmer di website ini.

Coderanch.com juga sediakan menu ebooks keren tentang pemrograman. Teruntuk publisher buku teknologi pemrograman, Coderanch dapat digunakan sebagai sarana promosi denngan audien yang tertarget.

6. Quora.com

quora
trenasia.com

Teruntuk kamu yang sering menjelajah internet, tentu tidak asing lagi dengan nama Quora. Didirikan pada tahun 2009, Quora adalah forum pertukaran pengetahuan, mengumpulkan banyak pertanyaan serta jawaban dari pengguna internet. Tidak seperti website-website sebelumnya, website ini memiliki cakupan bidang ilmu yang lebih luas.

Tidak terbatas pada satu ilmu, pemrograman saja. Kamu bisa bertanya dan berkomentar mengenai sosial, politik, seni, dan yang lainnya di Quora.com. Menu Spaces yang ada di dalam Quora akan memudahkan kita membaca topik yang kita inginkan.

7. Youtube.com

Youtube.com
Youtube.com

Terakhir, ada nama Yotube.com. Perusahaan yang sekarang dipimpin Susan Wojcicki tentunya tidak boleh luput dalam daftar. Melalui keyword yang tepat, kita menemukan banyak channelYoutube yang membahas pemrograman. Melalui tampilan video, kita bisa sekaligus belajar di mana letak kesalahan kita, dan bagaimana program seharusnya berjalan.

Penulis sendiri sering menemukan video dari channel programmer hebat dari India untuk atasi masalah kode. Jangan lupa untuk aktifkan fitur caption agar kamu mengerti apa yang mereka katakan. Teruntuk channel pemrograman berbahasa Indonesia yang rekomendasi penulis, adalah channel Web Programming Unpass milk Sandhika Galih, dosen dari Universitas Pasundan.

Semoga artikel ini, benar-benar dapat memberikan solusi kepada kamu yang sedang alami masalah pada pemrogramannya. 

Kunjungi terus Blog anakteknik.co.id untuk dapatkan informasi teknologi menarik lainnya.

Share:

0 Komentar