Pengetahuan

10 Website Gratis Terbaik Belajar Coding Buat Programmer Pemula Seperti Kamu

Kamu sedang atau ingin belajar coding tapi tidak tahu mulai dari mana? Atau kamu bingung ingin mengikuti pelatihan namun mahal? Tenang saja, ada 11 website gratis terbaik belajar coding untuk programmer pemula seperti kamu.

Belajar coding buat pemula seperti kamu bisa darimana saja, termasuk website. Kamu bisa loh belajar coding tanpa harus mengeluarkan uang sepersen pun alias gratis. Karena ada website gratis yang bisa kamu gunakan untuk belajar coding dan bahasa pemrograman.

Jadi, buat kamu yang ingin belajar coding dan bahasa pemrograman dari tingkatan paling dasar atau sebagai pemula. Kamu bisa nih belajar di sepuluh website gratis belajar coding untuk pemula di bawah ini. Dijamin kamu akan mudah paham!

1. Free Code Camp

Free Code Camp merupakan website belajar coding gratis yang sangat rekomendasi buat pemula. Baik kamu yang berlatar belakang IT atau non-IT. Website ini banyak menyediakan pembelajaran yang terpisahkan ke dalam masing-masing beberapa kategori seperti, Frontend, Backend, Visualisasi Data, machine learning, Quality Assurance, Data Analysis, Scientific Computing, dan lainnya.

Setelah kamu menyelesaikan pembelajar disini, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat secara GRATIS. Lengkap dengan panduan Coding Interview Preparation yang sangat bermanfaat untuk kamu dalam rangka persiapan wawancara coding ketika melamar kerja. 

2. W3schools

W3schools bisa menjadi salah satu pilihan terbaik buat pemula yang ingin belajar coding dasar dan langsung praktek.

Website ini menyediakan beberapa pembelajaran yang bisa kamu pelajari dengan mudah dan langsung mempraktekannya. Kamu bisa menulis dan mengedit bahasa pemrograman tertentu dan terdapat hasilnya.

Website gratis ini menyediakan beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari secara gratis seperti, HTML, CSS, JavaScript, C++, C#, SQl, PHP. Pyhton, dan Java.

3. CodeAcademy

Website gratis belajar coding yang satu ini tidak boleh terlewatkan. CodeAcademy merupakan website belajar coding gratis yang sangat cocok buat tingkatan pemula sampai tingkatan yang lebih expert. CodeAcademy menyediakan banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari secara gratis seperti, HTML, CSS, JavaScript, Java, SQL, Ruby, C++, C#, PHP, GO, Swift, dan sebagainya.

Kalau kamu bingung memilih ingin belajar bahasa pemrograman apa. Website ini juga menyediakan kategori berdasarkan subjek yang bisa menjadi pilihanmu. Karena CodeAcademy menyediakan banyak subjek seperti web development, data science, computer science, machine learning, web design, mobile development, dan developer tools.

4. Coursera

Coursera merupakan website yang menyediakan pelatihan, kursus, dan tutorial tentang suatu materi tertentu yang diajarkan secara langsung oleh pengajar dari universitas terbaik dari seluruh dunia. Karena memiliki kerja sama dari universitas terbaik dari seluruh dunia bisa menjadi bukti kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar coding terbaik disini.

Kamu bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman seperti, Python, Java, HTML dan CSS, C Language, dan lain sebagainya. Sayangnya website ini tidak semua gratis, melainkan kamu harus membayar untuk mengikuti beberapa materi tertentu. Tapi, jangan khawatir masih banyak subjek gratis yang bisa kamu coba.

5. Khan Academy

Buat kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman atau coding, Khan Academy adalah pilihan yang tepat. Dengan website ini, kamu bia mempelajari banyak hal seputar dunia computing. Kamu bisa mempelajari beberapa course seperti computer programming, computers and the Internet, atau computer science. Kamu juga bisa memilih topik bahasa pemrograman yang kamu sukai, seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Semuanya diajarkan oleh ahli di bidangnya.

6. BitDegree

Sebagai tempat belajar coding gratis, BitDegree menyediakan tempat menarik yang membahas berbagai topik dan bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari dengan mudah seperti HTML, CSS, PHP, Javascript, SQL, dan JQuery. Dijamin, kamu akan betah belajar disini!

7. hackr.io

hackr.io merupakan sebuah website yang menyediakan pembelajaran tentang programming. Platform ini menyajikan banyak bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari untuk coding. Kemudian, kamu juga dapat memilih untuk pelajaran dan daftar tutorial yang diinginkan. Lalu, kamu dapat memilih antara pengguna gratis atau pengguna premium berserta tingkatannya.

8. edx

Mirip-mirip seperti coursera, edx juga sebuah website belajar coding yang menyediakan pelatihan, kursus, dan tutorial tentang materi tertentu dan diajakrkan oleh ahlinya. Kamu bisa belajar tentang pemrograman secara gratis disini. Namun, kalau ingin mendapatkan sertifikat keahliannya, kamu harus bayar terlebih dahulu.

9. codeavengers

Perusahaan yang berbasis di Selandia Baru ini mengajarkan course tentang  cara membuat game, aplikasi, dan website. Kamu juga bisa belajar bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan Python. Website ini juga mengadakan sebuah code camp yang sudah diselenggarakan di beberapa negara. Sayangnya, belum pernah mengadakan di Indonesia.

10. SoloLearn

Terakhir, website gratis belajar coding yang cocok untuk pemula ialah SoloLearn. Website ini merupakan platform pembelajaran dan pelatihan untuk coding secara gratis. Kamu bisa belajar bahasa pemrograman seperti Python, C++, HTML, CSS, JavaScript, PHP, Java, SQL, Machine Learning, Ruby, jQuery, dan lain-lain.

Kalau kamu bingung dalam menghadapi permasalahan saat belajar coding, SoloLearn memiliki blog yang bisa menjadi sebuah solusi buat kamu.

Semua website gratis belajar coding dan bahasa pemrograman di atas memiliki kemampuan, keunggulan, dan pengetahuan yang mumpuni. Dan kamu juga bisa belajar melalui 7 Rekomendasi Channel YouTube Untuk Belajar Coding dan Progamming. Jadi, Kamu bisa memilih berdasarkan kenyamanan masing-masing ya. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait