Opini

5 Hal Penting yang Perlu Mahasiswa Teknik Lakukan Sebelum Masuk Dunia Kerja

Jangan tergesa-gesa ingin cepat lulus. Mahasiswa teknik harus mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja. Nah, ini dia lima hal penting yang perlu mahasiswa teknik lakukan sebelum masuk dunia kerja.

Doohan Aditya SaputroFebruary 23, 2021

Buat mahasiswa teknik yang sudah memasuki semester akhir, pasti sangat antuasias ingin merasakan momen kelulusan kuliah. Kamu juga sudah ingin sekali meninggalkan beban tugas kuliah, merasakan wisuda, merasakan dunia kerja, dan mendapatkan gaji pertama. Kamu pun pasti sedang membayangkan betapa bahagianya kehidupanmu setelah lulus kuliah nanti.

Eits, jangan terburu-buru dahulu nih sobat teknik. Sebelum kamu melepas status mahasiswamu dan lulus dari kampus kebanggaanmu, ada baiknya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum masuk dunia kerja. Hal ini penting supaya kamu siap dan tidak kecewa setelah bekerja. ini dia lima hal penting yang perlu mahasiswa teknik lakukan sebelum masuk dunia kerja. 

1. Mengikuti program magang

Kamu jangan memandang remeh program magang hanya karena tidak bayar loh. Melalui magang kamu akan mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga sebagai bekal masuk dunia kerja. Umumnya, ketika magang kamu akan didampingin oleh para ahli di bidangnya. Jadi, kamu bisa bertanya-tanya, belajar, dan mengambil pengalaman kerja langsung dari ahlinya. Sehingga kamu bisa memahami dunia kerja itu seperti apa.

Kamu bisa memulai magang di industri yang ingin kamu geluti nantinya. Kalau bingung, kamu bisa magang di industri yang berbeda dari jurusan kuliahmu. Tidak masalah, siapa tahu kamu memiliki potensi atau bakat di bidang lain yang bermanfaat. Lumayan juga kan, buat kamu sisipkan di CV kamu nantinya.

2. Ikut pelatihan, seminar atau workshop

Kegiatan penting yang perlu mahasiswa teknik lakukan ialah mengikuti pelatihan, seminar, atau workshop. Biasanya penyelenggara acara akan memberikan sertifikat sebagai bukti "resmi" kalau kamu pernah menjadi peserta dan menerima ilmu tersebut.

Kamu bisa mengikuti pelatihan, seminar, atau workshop sesuai minatmu. Misalnya kamu ikut pelatihan seminar tentang desain 3D, maka kamu bisa mencari pelatihan tentang hal tersebut. Meskipun belum menjadi ahli, kamu akan dipercaya telah mendapatkan materi mengenai itu. Jangan lupa, cantumkan di CV mu. Tapi ingat sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar nanti!

3. Membangun personal branding

Personal branding merupakan kegiatan atau aktivitas untuk memasarkan dan membangun apa yang kita miliki, dapat berupa produk, skill, kemampuan, dan lain sebagainya. Jadi, mengapa mahasiswa perlu membangun personal branding ini?

Kamu memiliki bakat, keterampilan, atau skill tapi tidak tahu mempromosikan hal tersebut? Maka, kamu perlu tahu cara mempromosikan diri. Tidak sedikit orang yang memiliki keterampilan yang luar biasa tapi tidak tahu bagaimana caranya memberi tahu orang di luar sana tentang kemampuannya.

Maka, kamu perlu mempelajari tentang personal branding dan membangung personamu sendiri. Salah satu caranya, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti twitter, instagram, atau YouTube.

4. Melihat lowongan pekerjaan

Sebagai mahasiswa teknik yang sebentar lagi lulus, coba deh intip lowongan pekerjaan di industri yang ingin kamu geluti. Kamu lihat apa saja persyaratan-persyaratan yang diperlukan di dalam pekerjaan tersebut. Lalu, kamu bandingkan dengan dirimu, apakah sudah sesuai atau belum.

Bila belum, jangan berkecil hati. Kamu bisa melengkapi kekuranganmu saat ini. Dengan status kamu yang masih mahasiswa pasti akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa manfaatkan untuk meningkatkan nilaimu. Jadi, lakukan saat ini atau kamu akan terlambat.

5. Mulai menyusun Portofolio dan CV

Portofolio dan CV adalah dua "senjata" yang wajib kamu sediakan untuk melamar pekerjaan nanti. Setelah kamu lakukan ke empat hal di atas tidak ada salahnya kamu mulai menyusun portofolio dan CV. Kamu bisa mendesain CV yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar nanti. Dan jangan lupa unuk membuat portofolio, buat kamu yang memiliki keterampilan seperti programming atau drafter. Perlu, kamu siapkan tuh!

Jika kamu sudah melakukan ke lima hal di atas, kamu sudah jauh lebih siap memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah. Masuk dunia kerja sangat ketat dan penuh persaingan. Sudah seharusnya kamu mempersiapkannya sejak menjadi mahasiswa, pasti terasa lebih mudah.

Share:

0 Komentar

Related Article