Pengetahuan

7 Ide Pertanyaan Pelamar Kerja untuk Perusahaan saat Proses Wawancara Kerja

Tidak melulu menjawab pertanyaan ketika wawancara kerja, kamu juga bisa bertanya loh. Kamu perlu mempersiapkannya sebelum wawancara kerja berlangsung. Dengan tujuh ide pertanyaan pelamar kerja untuk perusahaan saat proses wawancara kerja. Dijamin HR

Doohan Aditya SaputroMarch 12, 2021

Selama proses rekrutmen kerja di sebuah perusahaan. Kamu akan melewati berbagai tahapan tertentu sebelum diterima sebagai karyawan. Salah satu tahap itu ialah interview atau wawancara kerja. Selama proses wawancara kerja berlangsung, kamu akan diajukan pertanyaan-pertanyaan terkait diri kamu. Mulai dari aktivitas kuliah, organisasi, pengalaman kerja atau magang, kemampuan teknis, dan lain sebagainya.

Tapi, tahukah kamu bahwa wawancara tidak melulu menjawab pertanyaan dari pewawancara. Kamu bisa mengajukan pertanyaan ke pewawancara setelah proses wawancara kerja kamu selesai.

Alih-alih Ingin memberikan pertanyaan yang bagus, kamu malah tidak tahu ingin bertanya apa. Nah, untuk itu kamu perlu mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang menarik nih. Anak teknik punya tujuh ide pertanyaan pertanyaan pelamar kerja untuk perusahaan yang bisa menjadi referensi kamu. Mau tahu apa saja? Berikut tujuh ide pertanyaan pelamar kerja untuk perusahaan saat proses wawancara kerja 

1. Bagaimana bapak/ibu mengukur kesuksesan terhadap seorang karyawan di dalam pekerjaan ini?

Kamu dapat mengajukan pertanyaan di atas dengan tujuan untuk mengetahui apa yang bisa kamu persiapkan ketika kamu berkarir di perusahaan tersebut. Dengan begitu kamu bisa mencari tahu langkah dan target yang bisa kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga akan mendapat gambaran, bagaimana atasan atau manager kamu menilai seorang karyawan. Hal ini bisa membawa kamu mengenal atasan atau manager kamu. 

2. Apa harapan bapak/ibu selama 6 sampai 1 tahun pertama terhadap karyawan baru?

Di dalam wawancara kerja kamu boleh mengajukan pertanyaan ini. Pertanyaan tersebut bisa memberikan kamu insight, apa ekspektasi yang bisa kamu berikan di dalam pekerjaan nantinya. Jika, kamu berekspektasi memiliki pencapaian besar setelah beberapa bulan bekerja, itu dapat memberi tahu kamu waktu yang diberikan oleh perusahaan untuk kamu meraihnya.

3. Apa yang membuat bapak/ibu bertahan di perusahaan ini?

Melaui pertanyaan ini kamu akan banyak belajar dari pengalaman pewawancara kerja. Seseeorang yang menikmati pekerjaannya di sebuah perusahaan biasanya akan memnceritakan alasan mereka kenapa suka bekerja disana. Namun, bila kamu mendapat jawaban yang tidak memuaskan atau pewawancara kerja sempat berpikir lama untuk memberikan jawabannya. Ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan bekerja di perusahaan tersebut.

4. Bagaimana budaya bekerja di perusahaan ini?

Pelamar kerja juga boleh melemparkan pertanyaan ini saat proses wawancara kerja berlangsung. Kenapa? Karena kamu harus mengetahui gambaran dari lingkungan dan budaya bekerja di perusahaan tersebut. Apakah lingkungan dan budanya positif, bergerak cepat, target oriented, atau lingkungan yang kompetitif.

Dengan mengetahui lingkungan dan budaya bekerja di perusahaan tersebut. Kamu dapat mempersiapkan mental bila kamu diterima. Jadi, kamu tidak akan mengalami culture shock di lingkungan kerja.

5. Tipe karyawan seperti apa yang dapat berkembang di dalamnya?

Yang namanya bekerja tentunya kamu ingin berkembang baik dari segi karir atau ilmu. Di dalam proses wawancara kerja, pelamar kerja bisa perlu tahu tipe atau jenis karyawan yang dapat berkembang di perusahaan tersebut. Apakah tipe karyawan yang pekerja keras, yang mampu memenuhi target, atau aktif. Semua ini dapat kamu ketahui melalui pertanyaan ini.

6. Karakter pegawai seperti apa yang dibutuhkan perusahaan untuk posisi yang kamu lamar sekarang

Selanjutnya, kamu bisa bertanya terkait karakter pegawai seperti apa yang cocok untuk mengisi posisi pekerjaan ini. Dengan begini kamu bisa mendapatkan gambaran dari pewawancara kerja, apakah pekerjaan ini akan cocok dan sesuai dengan karaktermu.

7. Kamu juga harus bertanya kepastian waktu pengumuman lolos atau tidaknya kamu dalam tes wawancara itu

Jangan sampai ketinggalan dengan pertanyaan terakhir ini ya. Setelah proses wawancara kerja selesai, kamu wajib bertanya waktu pengumuman lolos atau tidaknya. Supaya, kamu tidak merasa di PHP-kan oleh perusahaan tersebut.

Selain mempersiapkan jawaban untuk wawancara kerja, anak teknik juga perlu mempersiapkan pertanyaan. Jangan sampai salah pertanyaan ya sobat teknik!

Kamu juga Wajib Baca, 7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa Teknik yang Harus Ditinggalkan Sebelum Masuk Dunia Kerja. 

Share:

0 Komentar

Related Article