Kreatifitas

Alasan Mengapa Renewable Energy Penting Bagi Sustainable Development Goals?

Renewable Energy merupakan Energi yang mudah didapat dan ramah lingkungan yang berlimpah di alam sehingga memiliki potensi besar dalam pembangunan berkelanjutan di Bumi.

EDINANTA EFRATA LIMBONGDecember 1, 2020

Saat ini Istilah Renewable Energy atau juga Energi Baru Terbarukan sudah tidak asing di telinga kita dan sudah banyak digunakan di Indonesia. Renewable Energy merupakan Energi yang mudah didapat dan ramah lingkungan yang berlimpah di alma segingga memiliki potensi besar dalam pembangunan berkelanjutan di  Bumi dan sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, yang berasal dari Tenaga surya, Air, Angin , Panas Bumi dan Proses Biologi yang memiliki jumlah tidak terbatas di alam dan juga tidak kalah hebat dengan energi berbahan bakar fosil. Pembangunan Renewable Energy berperan penting dalam menyelamatkan bumi dari pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh emisi carbon yang berasal dari penggunaan Batu bara dan Minyak bumi.

Di Indonesia penggunaan Renewable energy sebagai sumber utama pembangkit listrik masih sedikit, dan masih banyak menggunakan sumber energi berbahan bakar fosil. Dibalik kelebihannya yang tidak sedikit, Renewable Energy juga memiliki kekurangan, seperti Energi Surya yang hanya didapat pada siang hari, Energi Angin yang tekanan maupun kecepatannya berubah-ubah dan Air yang kurang efektif ketika musim kemarau. Apa saja Pembangkit listrik yang menggunakan renewable energy? Berikut beberapa Pembangkit listirk yang menggunakan renewable energy sebagai sumber listrik.

1. PLTS

PLTS merupakan pembangkit listrik yng menggunakan sumber panas cahaya Matahari untuk menghasilkan energi listrik dangan proses fotovoltaik dan pemusatan energi surya. PLTS memliki efektifitas pada siang hari dan memiliki kekurangan efektiftas pada cuaca yang berubah-ubah. PLTS likupang merupakan PLTS terbesar indonesia saat ini.

2. PLTA 

PLTA merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan Tekanan dan kecepatan air sebagai sumber energi penggerak turbin untuk generator agar dapat menghasilkan listrik. PLTA menjadi salah satu pemanfaatan renewable energy terbesar di Indonesia dikarenakan indonesia memiliki banyak aliran sungai.

3. PLTB

PLTB merupakan pembangkit listrik yang menggunakan energi angin sebagai penggerak turbin untuk mengghasilkan listrik, PLTB biasanya di bangun di ladang angin yang luas dan memiliki sedikit pepohonan di wilayah tersebut. energi angin menjadi energi ke dua dengan pemanfaatan EBT terbesar di Indonesia.

4. PLTP

PLTP merupakan pembangkit yang memanfaatkan sumber panas bumi untuk menghasilan listrik. Di indonesia pertumbuhan pembangunan PLTP berkembang dengan pesat dengan banyaknya sumber panas bumi yg berlimpah dikeranakan banyaknya gunung berapi di Indonesia.

Itulah Alasan Mengapa Renewable Energy penting bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia maupun di Negara- negara lainnya. dari keempat Pembangkit tersebut kamu udah pernah melihat yg mana nih sob?

Share:

0 Komentar

Related Article