Pengetahuan

Mata Kuliah Yang Akan Kamu Temui Ketika Menjadi Anak Teknik !

Mata Kuliah Teknik tidak lepas dari Matematika dan Sains sehingga melatih mahasiswa teknik untuk dapat berpikir dengan sistematis dan logis .

Edinanta EFebruary 19, 2021

Jika kamu memilih masuk jurusan Teknik, kamu akan selalu berhadapan dengan hitung-hitungan, namanya juga Teknik sudah pasti menggunakan ilmu terapan dari Sains Maka dari itu, matematika dan fisika tidak bisa dilepaskan dari jurusan ini. Kamu juga harus terbiasa dengan matematika dan fisika. Mahasiswa Teknik dituntut agar dapat berpikir secara sistematis dan logis, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan dari hasil analisis data yang didapat, itu sebabnya mahasiswa teknik harus mampu mempelajari mata kuliah wajib teknik seperti kalkulus dan fisika guna melatih pola pikir yang runtut dan sistematis. Berikut beberapa Mata kuliah yang akan kamu temui dan wajib kamu kuasai ketika menjadi mahasiswa teknik.

1. Kalkulus 

Kalkulus menjadi salah satu mata kuliah wajib yang akan dipelajari mahasiswa teknik pada semester pertama dan kedua, pada mata kuliah kalkulus kamu akan mempelajari limit, integral, dan turunan. Kalkulus bertujuan dalam mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan yang dapat diaplikasikan dalam ilmu keteknikan. pada kalkulus kamu akan mempelajari limit dan fungsi untuk analisa matematika

2. Fisika

Sama hal seperti kalkulus, kamu juga akan mempelajari Fisika pada semester pertama. pada mata kuliah fisika kamu akan lebih dikenalkan dengan bagaimana menerapkan ilmu fisika dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang lebih dikenal dengan istilah ilmu terapan. Materi pada Mata kuliah fisika yang akan kamu pelajari diantaranya vektor, dinamika benda, listrik-magnet, konsep mekanika dan lain sebagainya.

3. Matematika Teknik

Pada umumnya Matematika teknik akan kamu jumpai di semester tiga, kamu akan mempelajari matriks, vektor, dan differensial. tujuan mempelajari matematika teknik ini tidak lain untuk mempermudah perhitungan teknik dan penyelesaian masalah dalam dunia keteknikan, Berbagai materi dan metode perhitungan dalam Mata kuliah Matematika Teknik ini berguna dalam perhitungan untuk menganalisis, memperkirakan, merancang, hingga membangun dan menciptakan sesuatu.

4. Menggambar Teknik

Menggambar Teknik menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh Mahasiswa teknik, Menggambar teknik memiliki 2 metode menggambar yaitu , menggambar secara manual dangan kertas dan pensil dan menggambar dengan software atau aplikasi seperti Auto CAD. Gambar bertujuan untuk menyampaikan informasi, dengan gambar teknik kita dapat menggunakannya juga sebagai penelitian konsep perencanaan dan dokumentasi desain suatu mesin, bangunan dsb. Gambar teknik memiliki aturan yang baku tentang penggambaran ukuran, lambang-lambang, garis dsb. sehingga gambar tersebut dapat dibaca dengan mudah layaknya bahasa sehari-hari dengan tepat oleh berbagai pihak yang terlibat. Khususnya insinyur.

5. Probabilitas dan Statistika

Probabilitas dan Statiska merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa terjadi, di antara keseluruhan peristiwa yang mungkin terjadi dan mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.

Itulah Mata Kuliah wajib yang akan kamu temui ketika kamu menjadi mahasiswa teknik.

Share:

0 Komentar

Related Article