Teknologi

Perbedaan antara Surface Web, Deep Web, dan Dark Web yang Belum Kita Ketahui!

Kegiatan Manusia tidak terlepas dari penggunaan Internet setiap saat yang merupakan bagian dari Dunia Wide Web yang tersedia untuk publik dan dapat diakses kapan saja dengan mesin pencari web.

Edinanta EFebruary 5, 2021

Kegiatan Manusia tidak terlepas dari penggunaan Internet untuk mengeskplor berbagai informasi setiap saat, yang merupakan bagian dari Dunia Wide Web yang tersedia untuk publik dan dapat diakses kapan saja dengan mesin pencari web. Web merupakan sebuah halaman pada domain di internet yang dapat diakses secara luas menggunakan sebuah browser menggunakan URL website dengan memasuki homepage. 

Tidak semua Informasi yang tersedia di Internet dapat diakses oleh Masyarakat umum, setidaknya hanya sekitar 10 persen informasi yang tersedia di Internet yang dapat diakses oleh masyarakat umum yang disebut Surface Web yang merupakan kumpulan halaman web publik di server yang dapat diakses dengan mudah. Berikut bagian-bagian dari Dunia Wide Web.

1. Surface Web

Surface web atau yang dikenal juga dengan Visible web merupakan bagian dari World Wide Web (www) yang biasa kita gunakan pada umumnya untuk mengeksplor berbagai informasi di internet yang tersedia untuk umum dan dapat dicari dengan mesin pencari web seperti Google dan Yahoo. kita mungkin mengira bahwa Youtube, Microsoft, Amazon, Facebook dan situs lainnya yang dapat diakses dengan mesin pencarian google merupakan semua hal yang disebut Internet, namun itu salah, itu semua hanya sebagian kecil dari Internet yang merupakan permukaan internet (surface web). Surface web dapat diibaratkan dengan permukaan gunung es yang hanya dapat dilihat dari atas permukaan laut, yang dibawahnya masih terdapat bagian gunung es yang sulit untuk ditelusuri. Surface web hanya menyediakan kurang lebih 10 persen dari informasi yang terdapat di Internet dengan server yang menyediakan halaman web publik yang dapat diakses dengan mudah.

2. Deep Web

Deep Web atau juga dikenal dengan istilah Deepnet, Invisible web, atau hidden web merupakan bagian dari Dunia Wide Web yang sulit untuk diakses dengan mudah dengan mesin pencarian seperti Google maupun Yahoo. Informasi yang terdapat pada Deep web belum diindeks oleh mesin pencarian umum dan tidak tersedia untuk publik. Deep Web memiliki Informasi yang lebih besar dibandingkan Surface web.

3. Dark Web

Dark Web merupakan bagian Dunia Wide Web terdalam dibanding Surface web dan Deep Web, untuk mengakses Dark Web dibutuhkan Software khusus dan konfigurasi untuk dapat mengaksesnya. Dark Web sering dikaitkan dengan Cybercrime dengan tingkat aktivitas ilegal yang tinggi. Dark Web membentuk sebagaian kecil dari Deep Web, bagian yang tidak diindeks mesin pencarian.

Itulah Bagian-bagian dari Dunia Wide Web yang belum semua kita ketahui, sebagai pengguna Internet yang baik mari kita menggunakan internet dengan bijak dan cerdas.

Share:

0 Komentar

Related Article