Industri

Posisi Kerja Bagi Lulusan Teknik Kimia

Industri kimia termasuk dalam cabang industri yang menghasilkan bahan bahan dasar yang selanjutnya akan diproses menjadi barang jadi, industri kimia membutuhkan banyak sumber daya termasuk sumber daya manusia.

Prospek kerja bagi lulusan teknik kimia umumnya cukup baik. Teknik kimia melibatkan penerapan ilmu pengetahuan dalam proses industri untuk merancang, mengembangkan, mengoperasikan, dan mengelola berbagai proses produksi. Berikut beberapa posisi bagi lulusan teknik kimia:

Process engineer

Sesuai dengan tugas sarjana teknik kimia adalah mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Seorang process engineer akan merancang, menerapkan, mengendalikan serta mengoptimalkan proses yang ada di industri.

Seorang process engineer juga di tuntut untuk membuat produk yang unggul sesuai dengan ketentuan yang ada. Gaji rata-rata untuk process engineer adalah Rp 9.416.144 per bulan di Indonesia.

Quality control

Quality control sangat dibutuhkan dalamn berbagai sektor industri. Posisi quality control bertanggung jawab melakukan pengendalian mutu selama proses produksi agar hasilnya sesuai dengan standar pabrik. Tugas quality control antara satu industri dengan yang lain memiliki perbedaan jika sektor industrinya berbeda.

Akan tetapi, secara garis besar sama yaitu mengendalikan kualitas mutu serta menguji produk sesuai dengan standar pabrik. Untuk pengujiannya bisa dilakukan secara manual atau bahkan bisa menggunakan bantuan alat-alat teknologi. Gaji rata-rata untuk staff quality control adalah Rp 4.457.687 per bulan di Indonesia.

Research and development (RnD)

Research and Development atau dikenal dengan istilah penelitian dan pengembangan memiliki tugas melakukan riset untuk meningkatkan inovasi pada produk yang lebih efisien dan memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi perusahaan. Gaji rata-rata untuk research & development adalah Rp 4.238.959 per bulan di Indonesia.

Health, safety and environment (HSE)

HSE merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam hal kesehatan, keselamatan kerja atau biasa disebut sebagai K3, kemudian orang yang bertanggung jawab disebut dengan HSE officer atau safety officer. HSE wajib dimiliki oleh setiap perusahan.

Karena berperan untuk mengidentifikasi potensi bahaya pada suatu lingkungan agar tidak merugikan siapapun. Gaji rata-rata untuk health, safety and environment (HSE) adalah Rp 5.271.248 per bulan di Indonesia.

System engineer

System engineer merupakan salah satu profesi yang paling dicari tiap perusahaan. Tugas dari seorang system engineer yaitu merancang dan mengimplementasikan software untuk memonitor performa sistem secara menyeluruh dan memastikan tidak ada permasalahan.

Bagi lulusan teknik kimia harus bisa menguasai beberapa software yang nantinya diperlukan pada saat di suatu industri yaitu HYSYS dan Matlab. Gaji rata-rata untuk system engineer adalah Rp 6.959.356 per bulan di Indonesia.

Food scientist

Lulusan sarjana teknik kimia bisa juga menjadi food scientist. Food scientist bertanggung jawab meneliti kandungan serta nutrisi bahan makanan sebelum masuk ke dalam proses produksi dan memastikan hasil produksi sesuai dengan standar. Kisaran gaji food scientist adalah Rp 4.500.000 per bulan

Share:

0 Komentar