Opini

10 Cara Melatih Mental Mahasiswa Teknik Tanpa Ngulang Ospek

Mahasiswa teknik mentalnya harus kuat? Gimana caranya supaya bisa melatih mental? Gak mungkin ngulang ospek demi melatih mental baja

Ishak Okta Sagita1 Mei 2021

Mahasiswa teknik selalu menggunakan mindset “anak teknik harus bermental baja. Anak teknik mentalnya tahan banting” kepada mahasiswa baru, khususnya waktu ospek. Narasi lainnya yang dibangun kating adalah melatih mental berguna untuk kerja di industri karena disana bukan tempat orang bermental lembek.

Melatih mental baja bukanlah perkara mudah. Mental seseorang gak bisa dibentuk dalam satu malam. Ada proses tak terlihat ketika seseorang sedang membangun mental yang kuat.

Kita sebagai manusia hidup di dunia yang tidak bersahabat. Langkah pertama menjadi mahasiswa sudah menghadapi berbagai permasalahan seperti pergaulan, akademik, dan masalah menghadapi dosen pembimbing.

Namun, yang membedakan kamu dengan mahasiswa lain yang berhasil menghadapi masalah adalah mental. Memiliki mental yang kuat merupakan kunci untuk menghadapi masalah perkuliahan. Agar bisa berhasil, kamu harus melatih mental sejak dini.

Anak Teknik akan ngasih tahu bagaimana cara melatih mental mahasiswa teknik tanpa harus ngulang ospek.

1. Berani berkata ‘tidak’

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@plato-terentev-3804555

Bukti pertama seseorang bermental baja adalah berani bilang ‘tidak’ pada hal-hal apapun yang bertentangan dengan dirinya. Namun, kamu perlu kedewasaan untuk mempraktikkan ilmu ini.

Menjadi mahasiswa artinya memiliki banyak tanggung jawab menyelesaikan studi, menuntaskan urusan akademik, dan mengasah diri sendiri. Semua itu terjadi jika kamu memiliki skala prioritas. Kamu bisa menolak apabila itu bertentangan dengan skala prioritasmu

2. Mengutarakan pendapat di hadapan umum

Cara metalih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@rodnae-prod

Latihan kedua adalah dengan beropini di depan publik. Memiliki opini bararti kamu punya gagasan yang terpendam dalam kepala. Orang-orang yang bermental baja adalah mereka yang berani beropini.

Kamu bisa melatih beropini ketika ada rapat organisasi atau mengemukakan pendapat terhadap fenomena yang terjadi. Dengan begitu, orang-orang akan tahu tentang dirimu.

3. Siap menerima kritikan

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@keira-burton

Manusia senang dengan pujian namun sulit menerima kritikan. Sejatinya, kritikan menggunakan nada negatif dan menancap di hati. Tetapi kita memang harus bisa menerima dan menghadapi kritikan.

Sebelum menerima kritik, cermati kembali kritikan itu ditujukan kepada siapa? Jika memang ditujukan untuk kita, ada baiknya diterima. Namun jika untuk orang lain maka hiraukan kritikan tersebut. Hal ini karena mengkritik itu less effort.

4. Berpikir positif

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@william-fortunato

Ada kalanya hidup kita penuh dengan kekecewaan seperti revisi skripsi berkali-kali, ditolak gebetan, sampai pacar ditikung teman. Semua pengalaman pahit itu pasti pernah kita alami dalam keseharian.

Kita masih bisa melewati masalah tersebut dengan berpikir positif. Dengan melihat masalah tersebut sebagai peluang untuk menjadi lebih baik lagi. Perlahan namun pasti, mental kita akan terlatih.

5. Melakukan dan mencoba hal-hal baru diluar kebiasaan

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@ketut-subiyanto

Berdiam diri gak membuatmu menjadi orang bermental baja. Harus ada usaha untuk melakukan kegiatan di luar kebiasaanmu. Mencoba hal-hal baru berguna karena mampu meningkatkan kapasitas dirimu.

Mahasiswa yang memilih kuliah di luar kota bukanlah keputusan mudah. Ia harus mengurus kebutuhannya sendiri sembari mengenyam pendidikan tinggi yang lokasinya jauh dari rumah.

Mahasiswa teknik yang ingin memiliki pacar haruslah mendekati lawan jenis. Walau bisa pakai dating apps tetap ada usaha untuk memulai. Penolakan dan kegagalan sudah jadi resiko ketika mencoba hal baru. Tetapi itulah yang akhirnya membentuk jadi orang bermental baja.

6. Miliki prinsip hidup

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@thngocbich

Masuk ke dunia perkuliahan bukanlah hal mudah. Kamu sudah terbebas dari aturan ketat semasa sekolah. Kebebasan ini bisa menjadi permasalahan ketika kamu gak memiliki prinsip hidup. Gampangnya adalah pegangan hidup yang kamu bawa dalam sehari-hari.

Manfaat punya prinsip hidup adalah agar kamu punya tujuan hidup yang jelas. Membentuk karaktermu selama jadi mahasiswa. Dan hidupmu menjadi semakin terarah.

7. Terus menerus meng-upgrade diri

Cara Melatih Mental Mahasiswa Teknik
pexels.com/@armin-rimoldi

Meningkatkan kapasitas diri memiliki banyak manfaat. Kamu jadi orang yang lebih percaya diri, punya skill baru, serta menambah wawasanmu supaya semakin luas. Dan tentunya bisa melatih mentalmu. 

Belajar hal-hal baru gak selalu urusan akademik. Ada juga skill non akademik yang layak dipelajari seperti public speaking dan belajar software teknik. Kamu bisa belajar itu semua dari internet, komunitas, atau mengikuti kursus secara online.

Kamu bisa gabung e-course dan online training dari Anak Teknik untuk self upgrade supaya kamu jadi mahasiswa yang punya banyak skill.

 

8. Mencintai diri sendiri

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@multimediayreaccion

Sebelum mencintai orang lain, kamu harus bisa mencintai diri sendiri. Mengapa begitu, karena yang tahu tentang kamu hanyalah dirimu sendiri, bukan orang lain. Mencintai diri sendiri bukanlah bentuk keegoisan selama gak merugikan orang lain.

Mencintai diri sendiri membuatmu jauh lebih percaya diri, tahu keinginan diri sendiri, gak mudah bergantung pada orang lain. Bentuknya bisa macam-macam yaitu mau upgrade diri dan belajar hal baru, menjaga kesehatan, olahraga, dan melepaskan diri dari pergaulan toxic.

9. Berdamai dengan diri sendiri

Cara melatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@marius-venter-792254

Bukti kuat orang bermental kuat adalah sudah berdamai dengan dirinya sendiri. Mengakui bahwa ia gak sempurna, rapuh, dan butuh pertolongan bukanlah hal mudah, apalagi mahasiswa teknik, terutama cowok.

Kita masih bertemu sama orang yang suka mengkotak-kotakan dengan stereotype "anak teknik", membandingkan zaman dahulu dengan sekarang, bahkan yang paling parah adalah punya sikap gila hormat. Mungkin kita sendiri tanpa sadar ngelakuin hal itu.

Syarat agar kamu dapat berdamai dengan diri sendiri adalah mau menerima dan mengakui kerapuhan. Butuh keberanian untuk melakukannya. Karena itulah yang membuatmu jadi orang bermental baja.

10. Mampu mengendalikan diri sendiri

Cara metatih mental mahasiswa teknik
pexels.com/@budgeron-bach

Satu hal yang bisa menyimpulkan orang bermental baja adalah punya kemampuan pengendalian diri. Mengingat bahwa kita gak bisa mengendalikan dunia semau kita, tetapi kita masih bisa mengendalikan diri sendiri.

Mengendalikan diri sendiri berarti tahu kapan waktunya aktif, tahu kapan waktunya diam, tahu kapan waktunya melaksanakan tanggung jawab, dan tahu bagaimana caranya istirahat. Diluar sana masih ada orang yang gak bisa mengendalikan diri. Akibatnya adalah jadi gampang insecure dan bertindak abusive.  

Makin banyak poin yang kamu lakukan, besar kemungkinan mentalmu terlatih.

Share:

0 Komentar