Industri

10 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Fantastis yang Membutuhkan Skill AutoCAD

Beberapa pekerjaan di bidang enginerinng tidak bisa lepas dari AutoCAD karena sangat dibutuhkan. Konon kabarnya, kalau kamu mencari pekerjaan dengan punya skill autoCAD maka kamu bisa mendapat gaji tinggi

Ishak Okta SagitaMarch 16, 2021

AutoCAD merupakan salah satu software gambar teknik paling banyak dipakai dan diajarkan selama kuliah. Untuk kamu anak teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, sampai arsitektur pasti mendapatkan materi satu ini. Pasalnya dalam dunia teknik, gambar adalah salah satu media berkomunikasi.

Tidak bisa diragukan lagi beberapa pekerjaan bidang engineering membutuhkan seseorang yang punya skill AutoCAD. Bahkan tak segan-segan mereka dibayar mahal untuk mengerjakan proyek berbasis gambar. Hal ini membuktikan bahwa AutoCAD adalah salah satu kompetensi yang banyak dicari orang.

Untuk itu, Anak Teknik merangkum sekiranya beberapa pekerjaan bergaji tinggi hanya bermodalkan AutoCAD. Dan apa saja pekerjaan tersebut?

1. Project Manager

Project Manager
insights.dice.com

Project Manager adalah posisi dimana seseorang memimpin jalannya sebuah proyek. Pekerjaannya meliputi perencanaan, eksekusi, pengawasan, menbuat timeline pekerjaan, sampai membahas urusan bisnis dengan klien.

Project manager memastikan semua pekerjaan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Sekiranya terdapat lima silkus yang harus dikerjakan yaitu inisiasi, perencanaan, eksekusi, pengawasan, dan closing.

Dari semua pekerjaan itu, project manager harus memiliki pengetahuan AutoCAD. Tanpa itu, ia gak bisa memantau hal-hal yang berhubungan dengan gambar. Pendapatan rata-rata project manager mencapai Rp. 30.000.00

2. Project Engineer

Project Engineer
careersinconstruction.ca

Project Engineer merupakan posisi serupa dengan project manager namun cakupannya pada divisi engineering saja. Mereka bertanggung jawab pada apapun yang berkaitan dengan pengerjaan bagian engineering mulai dari perencanaan sampai ekesekusi.

Project engineer saling berkoordinasi dengan sesama divisi maupun project manager. Saling memberi laporan dan memastikan semua pekerjaan berjalan dengan lancar. Salah satu ketentuan seorang project engineer tentu mengerti tentang AutoCAD. Pendapatan rata-rata seorang project engineer yaitu Rp. 12.500.000 sampai Rp. 15.000.000 per bulan.

3. Mechanical Engineer

Mechanical Engineer Teknik Mesin
designnews.com

Seorang mechanical engineer memiliki tugas membuat dan merancang sistem mekanik. Ia juga bertanggung jawab terhadap pengembangan, perancangan, peningkatan, dan juga pengujian.

Selain mengurusi hal-hal teknis, mechanical engineer harus berkoordinasi dengan tim lain apabila melibatkan beberapa disiplin ilmu. Terutama dalam mengkomunikasikan rancangannya dengan gambar. Gaji yang bisa diperoleh seorang mechanical engineer berkisar Rp. 20.000.000 sampai Rp. 40.000.000

4. Eletrical engineer

Eletrical Engineer teknik elektro
computerworld.com

Seorang eletrical engineer memiliki tugas dan merancang sistem elektrik. Tanggung jawabnya serupa dengan mechanical engineer antara lain mengembangkan, merancang, serta melakukan pengujian sistem elektrik.

Tentunya juga, mereka harus berkoordinasi dengan tim lain apabila mengerjakan proyek yang melibatkan berbagai disiplin ilmu. Seorang eletrical engginer mampu mendapatkan gaji sebanyak Rp.12.000.000 sampai Rp. 15.000.000 dalam sebulan.

5. Urban planner

urban planner
reliance-foundry.com

Urban planner merupakan orang yang merencanakan dan membuat program untuk penggunaan tanah. Mereka membuat perencanaan untuk menciptakan ekosistem dan merevitalisasi infrastuktur fisik pada lingkup desa sampai kota.

Tanggung jawab seorang urban planner ialah mengidentifikasi kebutuhan masyarakat setempat dan merealisasikan agar tercipta ekosistem. Terutama pada infrastruktur fisik seperti gedung, sekolah, dan fasilitas umum lainnya di area tersebut.

Salah satu skill yang harus dimiliki oleh urban planner ialah AutoCAD karena akan berujung dengan desain gambar. Berdasarkan laman percarian kerja id.indeed.com, gaji yang mampu diperoleh seorang urban planner sebesar 8.200.000 per bulan.

6. Project Architect 

Project architect
letsbuild.com

Project architect merupakan koordinator dalam tim arsitek. Tugasnya adalah mengatur, membuat konsep dan mengkoordinasi antar tim arsitek. Biasanya seorang project architect adalah arsitek yang sudah berpengalaman.

Tanggung jawabnya adalah memastikan proyek berjalan dengan lancar. Mengawasi pengerjaan rancangan gambar. Serta berkoordinasi dengan berbagai pihak. Gaji yang didapatkan seorang project architect berkisar Rp. 9.700.000.

7. Architectural Technologist 

Architectural Technologist
durhamcollege.ca

Fokus tugas architectural technologist adalah dibagian teknis kosntruksi. Ia juga memlakukan riset, menyiapkan gambar dan membantu insinyur sipil mengerjakan proyek. Dengan kata lain, seorang Architectural Technologist yang paling sering bersinggungan dengan insinyur sipil.

Ia bertanggung jawab pada survey lokasi, mengatur logistik, membuat perencanaan gambar dengan AutoCAD, dan membantu pada bagian teknis. Gaji yang diperoleh seorang architectural technologist sebesar Rp. 15.000.000 sampai Rp.20.000.000 per bulan.

8. Desain interior

Desainer interior
annejordaninteriordesign.com

Desain interior merupakan seseorang yang bertugas membuat desain ruangan bagian interiror agar menambah nilai estetika. Pembuatan desain juga melibatkan pemilihan material, warna, funitur, dan ornamen lainnya.

Seorang designer interior dapat bekerja pada lingkup pribadi maupun perusahaan. Pastinya dalam membuat desain, salah satu senjata interior designer adalah menggunakan AutoCAD untuk bagian 2D. Gaji yang dapat diperoleh bisa mencapai Rp. 2.700.000 sampai Rp. 9.100.000 per bulan.

9. Drafter

Drafter AutoCAD
wise-geek.com

Drafter merupakan orang yang bertugas mengubah desain yang ada menjadi gambar menjadi gambar dengan informasi teknis. Ia menjabarkan gambar yang sudah masuk dan menambahkan informass teknis seperti dimensi, kode material, maupun metode produksi.

Seorang drafter bekerja dibawah tanggung jawab asritek maupun insinyur. Seringkali drafter menggunakan AutoCAD untuk menerjemahkan gambar sehingga memperoleh informasi teknis. Gaji  yang diperoleh drafter berkisar antara Rp.15.000.000 sampai Rp.20.000.000

10. Teknisi

Teknisi Gambar AutoCAD
theengineeringdesign.com

Seorang teknisi, terutama CAD membuat desain pada gedung atau peralatan yang hendak dirancang. Bersama engineer membuat blueprint dan skema gambar tekniK dari 2D menjadi 3D. Gaji  yang diperoleh drafter berkisar antara Rp.5.300.000. Sederhananya adalah teknisi bekerja membuat gambar sesuai dengan perancanaan. Untuk mengetahui perbebdaan antara teknisi dengan insinyur, kamu bisa baca di Mahasiswa Teknik Wajib Tahu Perbedaan Engineer dan Technician di Industri.

Nilai gaji yang ditampilkan bukan angka mutlak. Semuanya kembali kepada jenis industri dan perusahaan, tingkat kesulitan, pengalaman, dan lokasi (kota atau negara) tempat bekerja. Tetapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa dapat gaji fantastis di kemudian hari.

Itu tadi adalah beberapa pekerjaan yang mendapat gaji tinggi hanya bermodalkan AutoCAD. Apabila kamu mau ningkatin skill AutoCAD, bisa langsung bergabung di online traning  Anak Teknik Academy.

Share:

0 Komentar

Related Article