Teknologi

10 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Sketchup

Laptop untuk menjalankan Sketchup membutuhkan spesifikasi mumpuni karena sangat berkaitan dengan desain

Ishak Okta Sagita21 Juli 2023

Mencari laptop untuk sketchup membutuhkan spesifikasi mumpuni karena sangat berkaitan dengan desain. Sudah jadi rahasia umum kalau laptop sering ngefreeze kalau ngerjain kerjaan desain visual. 

Kebutuhan laptop sketchup dapat menyesuaikan berdasarkan jensi proyek dan digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk mengerjakan desain interitor, pembuatan film, arsitektur, permodelan 3D, dan desain industri.

Pembahasan ini akan membahas rekomendasi laptop untuk sketchup dan spesifikasi yang dibutuhkan.

Spesifikasi sketchup

logo sketchup
Sketchup

Melansir situs resmi SketchUp, aplikasi ini dapat beroperasi pada laptop dengan spesifikasi berikut ini. Kamu hanya perlu memperhatikan spesifikasi minimun dan rekomendasi.

Spesifikasi minimun

  • Prosesor: Intel Core i3-530 atau AMD Phenom II X4 965
  • Memori: 4 GB RAM
  • Penyimpanan: 256 GB HDD
  • Kartu grafis: NVIDIA GeForce GT 640 atau AMD Radeon HD 7750
  • Layar: 15,6 inci atau lebih besar dengan resolusi 1920 x 1080
  • Sistem operasi: Windows 7 atau macOS

Spesifikasi yang direkomendasikan

  • Prosesor: Intel Core i5-7200U atau AMD Ryzen 5 2500U
  • Memori: 8 GB RAM
  • Penyimpanan: 512 GB SSD
  • Kartu grafis: NVIDIA GeForce GTX 960M atau AMD Radeon RX 560
  • Layar: 17,3 inci atau lebih besar dengan resolusi 2560 x 1440
  • Sistem operasi: Windows 10 atau macOS

Rekomendasi laptop untuk sketchup

Dalam daftar ini terdapat berbagai rekomendasi laptop yang dapat dipakai untuk mengerjakan SketchUp. Pemiihan laptop ini berdasarkan prosesor, VGA, RAM dan spesifikasi laptop. 

1. Dell Inspiron 13

Dell Inspirion 13 merupakan laptop bertenaga yang mampu menjalankan sketchup dengan sangat apik. 

Bicara masalah performa, Inspiron 13 sudah dilengkapi dengan CPU Intel Core i7, RAM 16 GB, dan GPU MX 450. Dengan spesifikasi seperti ini, Inspiron mampu mengatasi Spetchup, terutama proses rendering yang makin mudah.

Selain itu, laptop ini sudah dilengkapi dengan layar QHD 13,3 inci. Ini sudah lebih dari cukup untuk pekerjaan pemodelan 3D.

2. Lenovo Legion 5

Selanjutnya, laptop ini dapat kamu gunakan untuk ngerjain sketchup dan main game terkini yang spek berat. Lenovo Legion 5 lebih terkenal karena laptop vfm. 

Bicara soal hardware, Legiun 5 memiliki performa yang luar biasa. Hadir dengan Ryzen 7 5800H, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB. Serta ditambah GPU RTX 3050Ti akan menambah pengalamanmu dalam mengoperasikan Sketchup. 

Display Legion 5 merupakan salah satu yang paling terang karena memakai FHD 15,6 inci. 

Hal ini menjadikan laptop Legion 5  dapat melakukan rendering dan layering proyek 3D dapat berjalan lancar. 

3. Acer Nitro 5

Seperti halnya dengan Lenovo Legion 5, Acer Nitro 5 menajdi laptop yang cocok untuk rendering dan gaming. Laptop ini memiliki desain yang modern dengan komoponen hardware yang mendukung. 

Acer Nitto 5 memakai prosesor Intel Core i5-9300H, RAM 8GB, kartu grafis GTX 1650, dan kapasitas penyimpanan 256GB.

Mengingat spesifikasi laptop tersebut sangat cocok untuk skatchp namun untuk rendering masih memakan waktu lebih lama. Namun layak jadi rekomendasi jika kamu punya laptop segera.

4. MachBook Pro

Walaupun bukan laptop yang familiar untuk pekerjaan desain, namun cocok untuk pengerjaan permodelan 3D. Chip M1 pada MacBook Pro terbilang kuat untuk ngerjain proyek 3D skala besar maupun kecil yang cocok untuk Sketchup.

Pertimbangan lain untuk memilih MacBook adalah tampilan dan desain laptop yang lebih ramping. Secara ukuran jauh lebih ringan daripaa laptop lainnya.

Keunggulan lainnya MacBook Pro ialah baterainya tahan lama. Dengan itu, kamu bisa ngerjain permodelan 3D Sketchup seharian. 

5. Dell 7

Apabila kamu punya kendala keuangan untuk membeli laptop, Dell G7 dapat jadi salah satu solusi. Laptop ini memiliki desain gaming dan sangat kompatiilitas dengan software seperti SketchUp.

Bicara soal performa, G7 adalah laptop yang dibutuhkan untuk pekerjaan pemodelan 3D. Telah dilengkapi dengan CPU hexacore i7, RAM 16gb, dan GPU RTX 2060 yang andal dalam melibat pemodelan.

Memorti penyimpanan yang mencapai 1TB SSD memberikanmu kelegaan untuk menyimpan tugas akhir SketchUp. Bukan cuma itu, layar FHD 144Hz 15,6 inci menjadi salah satu layar terbaik yang pernah ada.

6. Microsoft Surface Pro 7

Microsoft Surface Pro 7 muncul sebagai laptop portable yang fleksibel untuk pemodelan 3D SketchUp. Laptop 2-in-1 memiliki perangat terbaik dengan CPU i7, RAM 16 GB, dan SSD 256 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, kamu dapat mengerjakan Autocad dan SketchUp dengan baik untuk skala kecil. Terutama untuk pengerjaan tugas akhir tentang pemodelan 3D.

Laptop ini memakai layar 12,3 inci yang cukup cerah dan warna untuk memberi pengalaman menyenangkan. Bukan cuma itu, kamu bisa memasangkan ini dengan Microsoft Surface Pen. 

7. Acer Predator Helios 300

Acer Predator Helios menjadi laptop gaming yang bagus untuk mengerjakan SketchUp. Laptop ini jadi pilihan tepat untuk kamu yang sehari-hari di ranah desain dan permodelan 3D.

Bicara soal performa, Predator Helios memiliki spesifikasi premium dengan memakai RTX 3060, yang dinilai lebih cepat daripada RTX 2060.

Berikut ini adalah spesifikasi dari Acer Predator Helios 300

  • Prosesor : Intel Core i7 8Th Gen
  • OS : Windows 10 Home
  • RAM : 16GB
  • Kartu grafis : Nvdia GeForce GTX 1050 Ti
  • Penyimpanan : 512 GB

8. HP Envy

HP Envy jadi salah satu laptop andal untuk digunakan desainer 3D. Spesifikasi dari HP Envy adalah CPU i7, RAM 8GB, dan SSD 256GB yang mampu mengatasi desain 3D kecil dan menengah pada SketchUp.

Kelebihan lain dari laptop ini adalah ringan dan fleksibel. Dengan ini, laptop tersebut cocok bagi kamu yang mencari portabilitas.

9. Asus Rog Strix

Laptop buatan Asus ini menjadi pilihan untuk menangani setiap proyek permodelan 3D yang dikerjakan. ROG Strix hadir dengan CPU i7, GPU RTX 3070, RAM 32GB, dan SSD 2TB yang cocok digunakan oleh professional. 

10. Omen 15

HP Omen 15 menjadi laptop pilihan untuk ngerjain SketchUp. Laptop ini dilengapi dengan CPU Ryzen 7, RAM 16GB, dan kartu grafis Nvdia GeForce GTX 1050 Ti, dan kapasitas penyimpanan 1 TB.

Secara umum, SketchUp tidak membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi seperti Revit. Kamu bisa memakai laptop menengah untuk ngerjain proyek 3D.

Sembari ngerjain proyek, naikan kapasitas skill dasar SketchUp kamu dengan gabung Learning SketcUp & Rendering for Basic. Selengkapnya dapat dilihat di www.anakteknik.co.id

Share:

0 Komentar