Opini

Perbandingan Autocad dan SketchUp untuk Desain Arsitektur

Perbedaan Autocad dan sketchup perlu diketahui untuk menyesuaikan pekerjaan desain.

Ishak Okta Sagita8 April 2023

Mengenali perbedaan AutoCAD dan SketchUP membantu kamu memahami tools yang dipakai sebagai arsitek. Pekerjaan seorang arsitek gak bisa lepas urusan desain. 

Berdasarkan tahapan kerja arsitek arsitek, pembuatan skema desain untuk memberi desain gambaran kepada klien. Jadi, bentuk komunikasi yang dibangun adalah menunjukan gambar.

Sebelum menilai yang lebih baik, kenali perbedaan AutoCAD dan SketchUP terlebih dahulu. Pada artikel ini akan membahas bagaimana karakteristik dan perbedaan AutoCAD dan SketchUP.

AutoCAD adalah

autocad
Tampilan AutoCAD

AutoCAD merupakan software CAD besutan Autodesk yang sudah beroperasi selama sejak 1982. Software paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kamu pun sudah mengenali sejak bangku perkuliahan.

AutoCAD membantu kamu dalam mengerjakan pemodelan gambar dalam 2D dan 3D. Pemodelan gambar ini meliputi kreasi, modifikasi model geometri, dan mengembangkan objek dan struktur.

Kelebihan AutoCAD

Kamu dapat menemukan keunggulan ini jika memakai AutoCAD, yaitu:

1. Akurat dan mengurangi error

Prinsip dari kerja AutoCAD adalah pemodelan rekayasa dinamis. Model ini menyatukan desain dan produksi daftring secara bersama. Yang mana mengubah berbagai bagian desain dalam pengerjaan proyek.

Hasilnya, pengurangan error dan sedikit kesalahan. Lebih jauh lagi, desain yang dibuat secara digital masih bisa dikembangkan lagi.

2. Hemat waktu dan uang

AutoCAD dapat menghemat waktu drafter saat menggambar. Memiliki dukungan dokumentasi dapat meningkatkan produktivitas dan membantu mengatur dokumentasi alur kerja. Serta, memberi solusi untuk pengimplementasian projek, karena mengurangi waktu pengerjaan.

3. Data mudah ditransfer

Kenikmatan lainnya memakai AutoCAD adalah dapat mengirim pekerjaan dengan muda. Software AutoCAD memudahkan unggah data dan dibagikan ke berbagai pihak.

AutoCAD mengizinkan pengguna import/eksport file ke berbagai software sesame AutoDesk. Bukan cuma itu, kamu dapat mengirim file ke platform lain seperti Inventor maupun Sketchup. 

Tersedia alat pengenalan teks SHF. Fungsinya mengubah file PDF menjadi teks agar mudah diedit.

4. Menyediakan database untuk proses manufaktur

AutoCAD mengizinkan pembuatan data manufaktur seperti persyaratan. Hal ini meliputi komponen, dimensi, bentuk pemodelan, produk, dan komponen gambar.

Dukungan ini membantu pengaturan database, yang mana penting dalam proses produksi.

5. Layer

Fitur layer membuatmu dapat menampilkan atau menyembunyikan detail gambar. Ini membantu untuk presentasi, perbaikan, atau pengembangan gambar kerja.

6. Kalkulasi

Kamu dapat menghitung massa, luas, volume lewat AutoCAD. Terdapat pula fitur Auto-Dimensioning untuk membantu mendesain sketsa yang mudah dan akurat. Fitur tersebut bisa dipakai membuat gambar 2D dari model 3D.

7. Command

Fitur perintah memudahkan desainer membuat gambar. Kamu tidak perlu buang waktu cari toolbar, cukup masukan perintah sana, sudah selesai.

Berbagai macam command pada AutoCAD antara lain fill, hatch, section lines, fillet, dan chamfer

Sketchup adalah

sketchup adalah
Tampilan SketchUp

Sketchup merupakan software modeling 3D yang mudah digunakan. Memiliki beragam database pemodelan yang dapat diunggah. Kamu sendiri dapat mencari di kumpulan template sketchup.

Software dapat dipakai mengimport model pekerjaan konstruksi, video game, desain interior, objek 3D, dan pekerjaan arsitektur.

Kelebihan sketchup

Kehadiran sketchup memiliki kelebihan yang dirasakan penggunanya, antara lain:

1. Sederhana

Sketchup terkenal dengan software yang sederhana dan mudah digunakan. Memiliki antarmuka intuitif dan ramah pengguna. Maka, dapat menghasilkan serangkaian desain proyek manapun. 

2. Akurat

Untuk SketchUp Pro menawarkan akurasi tinggi untuk pemodelan arsitektur 3D. Serta menyediakan referensi dan data berdasarkan objek yang tersedia.

3. Ketepatan dalam pengukuran

Pemakaian SketchUp cocok untuk pengerjaan desain dengan kepresisian tinggi. Sebab, Sketchup menyediakan penomoran tingkat paling kecil. Ini menguntungkan untuk pekerjaan konstruksi.

4. Kompatibel dengan VR dan AR

Sketchup dapat kompatibel dengan VR dan AR untuk menghasilkan desain. Pengalaman ini membantumu mengkomunikasikan ide desain semakin efektif.

5. Mudah dikustomisasi

Sketchup dapat menyesuaikan dengan jenis pekerjaan berdasarkan kebutuhanmu. Kamu dapat import atau eksport plugin untuk memperluas fungsionalitas perangkat lunak. 

6. Optimasi performa

SketchUp dirancang untuk kinerja cepat dan efisien pada model yang rumit. Perangkat ini menggunakan teknologi mutakhir dapat mengoptimalkan alur kerja. Dengan demikian, pekerjaan dapat lebih cepat selesai.

7. Terintegrasi dengan tools lainnya

Sketchup terintegrasi dengan perangkat AutoCAD, Rhino, dan Revit untuk memudahkan transfer antar desain. Ini menjadikan alat ini dapat kompatibel dengan pekerjaan lainnya.

Sketchup menawarkan solusi untuk pemodelan 3D. Software ini dapat diakses secara gratis maupun berbayar. 

Sketchup Make adalah versi gratis yang dapat dipakai pemula. Sementaram SketchUp Pro adalah versi berbayar yang cocok untuk para profesional 

Perbedaan AutoCAD dan SketchUP

Melihat kedua platform yang banyak digunakan, tentu ada berbagai pertimbangan. Maka, berikut adalah perbedaan AutoCAD dan sketchup 

Secara umum, AutoCAD lebih banyak memakai perangkat keras tertentu, terutama untuk kalangan professional. Sehingga, kamu membutuhkan laptop spek tinggi.

Layout dan User Interface

User interface ngasih pengalaman interaksi dengan platform yang tersedia. Tampilan UI dapat menyesuaikan dengan target pengguna.

AutoCAD

AutoCAD merupakan produk yang kompleks. Untuk menggunakannya, butuh latihan dan memiliki pengetahuan dasar gambar Teknik. Ikon dan tombol yang banyak menjadikan AutoCAD terasa rumit bagi orang awam. Penjelasan lengkapnya dapat diketahui di sini. 

Namun, kamu dapat memakai perintah AutoCAD untuk membuat gambar. Bahkan, fitur yang tersedia dapat dilakukan dengan memasukan perintah seperti pemakaian ChatGPT. Sekali lagi, ini butuh jam terbang dan pemahaman gambar teknik.

SketchUp

SketchUp merupakan software 3D yang ramah pemula. Dapat dipelajari dalam beberapa jam saja. Penggunaan UI yang intuitif, dan pemahaman mulai terlihat ketika menggunakan SketchUp. 
Kurva pembelajaran Sketchup lebih sederhana jika dibandingkan oleh AutoCAD. Inilah yang membuat penggunaan Sketchup cocok untuk banyak kalangan.

UI SketchUp hanya membawa beberapa tools pada ikon besar yang berada di toolbar. Setiap fitur SketchUP mudah di navigasikan. Kamu dapat menemukannya pada menu dropdown atau melalui shortcut. 

Fitur

Karena berbeda pengguna, fitur yang diberikan tentunya ada perbedaan. Fitur jadi pertimbangan mendasar kenapa memilih AutoCAD atau SketchUp.

AutoCAD

AutoCAD terbaru memakai tools sesuai dengan kebutuhan industri. Fitur ini meliputi architectural documentation, mechanical design, dan electrical drawing. Sangat cocok untuk menunjang pekerjaan MEP engineer.

Pemodelan 2D dan 3D sudah kompatibel di platform yang sama. Jauh lebih mudah, apabila dibandingkan dengan Sketchup. 

Jika memakai perangkat mobile, dapat mengakses premium mobile untuk Android dan Ios. Jadi, kamu dapat mengecek proyek AutoCAD melalui tab atau ponsel, serta bisa membuat dan editing.membuat dan efisien.

Perbedaan besar AutoCAD dan Sketchup adalah adanya dukungan kolaboratif. AutoCAD punya fitur dan tools untuk kerja remote, penyimpanan cloud, dan real-time editing.

SketchUp

SketchUp menambahkan plugin dan ekstensi pada repository. Kamu dapat memakai untuk 3D Printing, arsitektur, desain, dan lain sebagainya. Semua akses ekstensi dapat diakses lewat Shop atau Pro license.

Pada versi berbayar, ada perangkat tambahan bernama LayOut. Fungsinya untuk mendokumentasi gambar 2D. 

Sketchup web tersedia untuk kamu mengerjakan secara mobile. Dengan memanfaatkan penyimpanan cloud, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan soal penyimpanan file. Dapat digunakan untuk versi gratis dan berbayar.

Platform 3D Warehouse tersedia untuk berbagai model Sketchup pada siapapun. Fitur ini bermanfaat untuk membuat proyek dengan ukuran sesuai barang asli seperti furniture.

Pengaplikasian dalam industri

Secara umum, penggunaannya dapat dipakai untuk semua aplikasi. Kamu dapat menggunakan untuk arsitektur sampai desain produk.

AutoCAD

AutoCAD digunakan oleh profesional di bidang arsitektur, kelistrikan, MEP, hingga desain produk. Telah menjadi standar industri untuk cetak biru. Maka tak mengherankan kalau pengguna AutoCAD sangat banyak di industri.

SketchUp

Berbeda dengan AutoCAD, penggunaan sketchup lebih kepada tujuan umum pembuat proyek. Walaupun mencakup penggunaan alat CAD untuk pertukangan dan desain 3D.

Mana yang lebih baik : AutoCAD dan SketchUp

think
Mana yang lebih baik anatra AutoCAD dan SketchUp

Walaupun fungsinya sama, fitur yang diberikan menyasar kalangan tertentu. 

AutoCAD cocok untuk pengerjaan desain teknis dengan tingkat presisi tinggi. Para profesional pun sampai mempelajari command dan trik cepat untuk mengoperasikan software ini.

Bagaimana dengan SketchUp? Sketchup cocok untuk pembuatan pemodelan 3D dan visualisasi. Kamu dapat menggunakannya untuk ngasih gambaran hasil kerja.

Adanya extension warehouse memudahkan siapapun menyimpan dan membagi hasil pekerjaannya. Dan ramah pengguna.

Jadi, mana yang kamu pakai, AutoCADatau SketchUp? Manapun itu, selama bisa menyelesaikan pekerjaan sih sah-sah aja.

Apabila butuh memperdalam skill AutoCAD maupun Sketchup, klik anakteknik.com atau anakteknik.co.id/e-learning.

Share:

0 Komentar