Pengetahuan

3 Rekomendasi Buku Revit Untuk Pemula dan Mahasiswa Teknik Sipil

Belajar Revit bisa dari Youtube. Namun, buku Reviit ngasih kamu pendalaman materi

Ishak Okta Sagita28 April 2022

Buku adalah salah satu medium untuk belajar, khususnya belajar Revit untuk pemula. Walau banyak yang menyarankan belajar lewat Youtube, bukan berarti buku tidak relevan. Ilmu tentang Revit masih bisa didapatkan dengan membaca buku. 

Buku teknik sipil berguna dikala kamu sedang mengerjakan tugas akhir. Pembahasan yang ada di buku bisa digunakan untuk referensi tugas akhir.

Apalahgi kalau tugas akhirnya harus memakai Revit. Jadi, mau gak mau kamu harus cari bacaan terkait Autodesk Revit

Seringkali mahasiswa teknik malas membaca buku. Penyebabnya mulai dari kebanyakan materi sampai "gak suka baca buku". Walaupun kamu nggak suka baca buku, namun perkuliahan akan memaksamu untuk membaca. Minimal mencari bacaan referensi tugas akhir

Cara membaca buku bagi mahasiswa teknik

membaca buku bagi mahasiswa
Membaca buku bagi mahasiswa | Man reading photo created by drobotdean - www.freepik.com

Kemudahkan teknologi membuat kegiatan membaca buku mulai teralihkan. Belum lagi adanya pengkotak-kotakan tentang buku yang layak dibaca. Hal ini diduga bikin orang malas membaca buku.

Cara terbaik untuk membangun kebiasaan membaca buku adalah menentukan minat. Apa minatmu selama ini? Hal apa yang paling kamu sukai saat ini?

Misal, kamu suka atau berminat mempelajari Revit. Pada awalnya mencari informasi tentant Revit dengan searching lewat Google maupun Youtube. Walau begitu, kamu masih bisa mengandalkan buku kalau mentok dengan pencarian di internet. 

Enaknya dari tahu minatmu adalah memudahkanmu mencari buku yang dibaca. 

Manfaat membaca buku bagi mahasiswa teknik

diskusi mahasiswa teknik
Obrolan mahasiswa teknik | Project management photo created by pressfoto - www.freepik.com

Kehadiran media online seperti artikel, konten sosial media, sampai video Youtube dianggap membantu mahasiswa teknik mempelajari sesuatu. Seolah-olah seperti gak butuh kehadiran buku.

Tahukah kamu, bahwa artikel, konten, sampai video seringkali membahas permukaannya saja. Lebih menonjolkan garis besarnya.

Bagaimana dengan buku?

Buku sudah dibuat dengan pembahasan mendalam dan tersusun rapi, serta teroranisir dengan baik. Oleh sebab itu, dosen masih menyarankan kamu untuk memiliki dan membaca buku.

Nah, berikut ini manfaat dari membaca buku bagi mahasiswa teknik.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Seperti pepatah yang bilang buku itu jendela dunia. Pernyataan ini ada benarnya karena buku memberikan wawasan mendalam untuk satu topik. Maka dari itu, dosen menganjurkan kamu membaca buku.

Hasil dari buku yang kamu baca nantinya berguna saat kuliah. Pertama, kamu bisa memasukan apa yang kamu bacaan ketika presentasi di depan kelas. Kedua, kumpulan pengetahuan dari buku bisa diolah jadI referensi skripsi.

Jadi, membaca buku bikin pengetahuanmu makin luas.

2. Melatih fokus dan konsentrasi belajar

Apakah kamu mengalami kesulitan saat belajar. Masalah ini umumnya terjadi karena kamu kurang konsentrasi. Maka tak heran kalau kamu sering merasa sudah belajar tapi gak dapat apa-apa.

Membaca buku dapat jadi media untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Kebiasaan ini kalau rajin dibangun memudahkan otak mengingat berbagai informasi.

Setiap infromasi yang masuk, otak akan memproses ilmu dan membangun memori baru. Selain itu, dapat mempertajam informasi yang sudah kamu miliki. 

3. Meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosional

Kecerdasan intelektual berkaitan dengan penalaran, logika, berbahasa, sampai penyelesaian masalah. Secara sederhana, kemampuan berpikir sistematis dapat dilatih dengan membaca buku.

Kecerdasan emosional justru ada hubungannya dengan mengelola emosi. Kemampuan ini berkaitan dengan cara menerima, memahami, serta mengendalikan emosi diri sendiri. 

Semua itu bisa diasah apabila disiplin membaca buku.

4. Menambah kosa kata

Buku merupakan jendela untuk mengetahui dunia. Salah satunya adalah mengetahui kosa kata. Alhasil koleksi kota katamu makin bertambah.

Pertambahan kosa kata akan membantumu dalam pengerjaan skripsi maupun berkomunikasi. Khususnya menambah wawasan di bidang teknis macam konstruksi.

Rekomendasi buku Revit untuk pemula

Salah satu cara untuk belajar Revit adalah melalui buku. Selain menyajikan pembahasan mendalam, kamu juga mendapat banyak manfaat dari membaca buku. 

Berikut ini merupakan rekomendasi buku belajar Revit untuk pemula.

1. Buku Revit Untuk Desain Bangunan

Buku Revit Untuk Desain Bangunan + CD Anak Teknik Indonesia
Buku Revit Untuk Desain Bangunan + CD 

Pertama, kamu bisa memiliki buku ini lengkap dengan tutorial step by step. Kamu dapat belajat merancang mulai dari rumah bertingkat sampai apartemen. Tersedia pula bonus CD berisi video tutorial untuk memudahkanmu belajar. 

Selain belajar membuat rumah dan apartemen, buku ini juga membahas tentang :

  • Bangunan 1 lantai
  • Bangunan 2 lantai
  • Antarmuka Revit 2014
  • Project setting
  • Floor Plan
  • Celling Plan
  • Eksterior bangunan
  • Floor Plan penthouse dan entrance
  • Akses bangunan

2. Revit Family Untuk Pemodelan Berbagai Elemen Bangunan

Revit Family Untuk Pemodelan Berbagai Elemen Bangunan
Revit Family Untuk Pemodelan Berbagai Elemen Bangunan +Dvd

Secara spesifik, buku ini membahas tentang permodelan elemen bangunan Revit Family. Lewat buku Revit Family, kamu dapat belajar membuat berbagai elemen permodelan bangunan. Revit Family terbagi dalam tiga jenis yaitu system, loadable, and in-place

Materi di buku ini disajikan dengan step by step tutorial sehingga mudah dipahami. Terdapat pula DVD berisi video tutorial dan modul latihan untuk praktik.  

3. Buku Praktis Revit

BUKU PRAKTIS REVIT
Buku Praktis Revit 

Sesuai namanya, buku ini menyajikan cara-cara praktis belajar Revit. Berisikan tutorial pembuatan desain bangunan dengan software dari Autodesk. Tersedia pula CD sebagai penunjang pembelajaran

Berikut lima pembahasan yang mencakup Buku Praktis Revit

  • Pengenalan Revit
  • Elemen dasar bangunan
  • Elemen pendukung
  • Material
  • Dokumentasi

Hadirnya rekomendasi buku Revit untuk pemula ini diharapkan membantu belajar Revit. Terutama kamu yang ingin berkarier di industri konstruksi. Dapatkan segera lewat link anakteknik.co.id/shop dan masukan kata kunci "Revit"

Share:

0 Komentar