Industri

Architectural Technologist : Arsitek yang Membantu Insinyur Sipil Membuat Desain Konstruksi

Perbedaan antara arsitektur dengan teknik sipil sering menjadi perbicaraan dan bahan bercandaan. Namun tahukah, bahwa ada sosok arcitectural technologist yang membantu insinyur sipil untuk mendesain konstruksi bangunan lho.

Ishak Okta SagitaMarch 25, 2021

Perbedaan antara teknik sipil dengan arsitektur masih menjadi pembahasan bagai beberapa kalangan. Seringkali dijadikan bahan bercandaan oleh kedua belah pihak. Kalau teknik sipil lebih berfokus pada pembuatan struktur bangunan sedangkan arsitektur berfokus pada desain bangunan agar memiliki nilai daya tarik.

Namun, kali ini bukan membahas tentang perbedaan antara teknik sipil dengan arsitektur. Melainkan tentang sosok posisi yang ada hubungannya dengan mereka berdua. Sosok tersebut ialah Architectural Technologist.

Apa sih architectural technologist? Bagimana tugas dan tanggung jawab seorang architectural technologist? Dan bagaimana caranya menjadi seorang architectural technologist?

1. Apa itu Architectural Technologist?

Architectural technologist
macleans.ca

Architectural technologist adalah seseorang yang memimpin desain teknologi bangunan. Sedangkan menurut Chartered Institute of Architectural Technologists (CIAT), seorang architectural technologist berfokus pada desain bangunan, produksi dan kinerja melalui proses manajemen dan terintegrasi dengan penggunaan teknologi. Perbedaannya antara seorang architectural technologist dengan arsitek pada umumnya terletak pada spesialisasinya.

2. Tugas dan tanggung jawab architectural technologist?

Tugas dan tanggung jawab architectural technologist
hisour.com

Secara umum, tugasnya tidak jauh-jauh dari membuat desain seperti arsitek pada umumnya. Namun ada perbedaan signifikan yaitu seorang architectural technologist membuat desain dengan pendekatan building science and technology.

Building science mengacu kepada kondisi fisik bangunan yang meliputi efisiensi energi, kenyamanan, keamanan dan kesehatan, ketahanan dan lain sebagianya. Sedangkan building technology adalah proses teknis dan metode yang dipakai pada konstruksi bangunan. Dengan kata lain, membuat desain dengan mengacu pada kondisi fisik dan metode pada dunia konstruksi.

Tanggung jawab lainnya yang harus dilaksanakan adalah menyusun administrasi berupa dokumen, mengatur logistik yang dibutuhkan selama pengerjaan, serta berkoordinasi dengan tim yang terlibat. Salah satunya adalah berkoordinasi dengan insinyur sipil.

3. Keahlian yang dimiliki seorang architectural technologist?

Skill seorang architectural technologist
huntersure.com

Skill yang harus dimiliki orang seorang architectural technologist meliputi :

  • Pengetahuan tentang arsitektur meliputi desain dan detail
  • Pengetahuan teknis tentang struktur banguanan
  • Public Speaking
  • Membaca desain dan membuat dengan AutoCAD
  • Mampu berpikir kritis
  • Mampu bekerja secara individu maupun kelompok
  • Memiliki kreativitas dalam membuat desain

4. Bagaimana cara mendapatkan gelar architectural technologist?

Belajar architectural technologist
online.lsu.edu

Langkah pertama menjadi seorang architectural technologist adalah menyelesaikan studi sarjana terlebih dahulu. Setelah itu, selanjutnya adalah mengambil pendidikan lanjutan dari Chartered Institute of Architectural Technologists.

Chartered Institute of Architectural Technologists (CIAT) merupakan institusi pendidikan untuk menjadi professional architectural technologis. Selama 12 bulan, peserta akan langsung terjun ke industri untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman di lapangan. Keuntungan lain mengikuti pendidikan dari CIAT adalah mendapatkan kartu anggota CIAT.

Selain mengikuti kursus dari CIAT, jalur lainnya bisa ditempuh dengan lanjut magister. Umumnya pendidikan magister akan meruncingkan spesifikasi sehingga bisa merujuk ke arah architecural technologist.

5. Berapa gaji atau bayaran yang didapatkan seorang architectural technologist?

gaji architectural technologist
fool.com

Berdasarkan nationalcareers.service.gov.uk, gaji yang didapatkan seorang architectural technologist sebesar £20.000 untuk pemula dan £60.000 untuk ahli selama setahun. Itu adalah gaji prakiraan saja.

Besar gaji seorang architectural technologist sesungguhnya sangat ditentukan oleh tingkatan kesulitan proyek, skala proyek, lokasi pengerjaan, serta hasil negosiasi. Jadi, pembayaran gaji bisa dibayar secara harian atau bayar putus sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat.

Nah, itu tadi adalah profesi yang bersinggungan langsung dengan insinyur sipil di lapangan. Architectural technologist ada supaya bisa membuat desain bangunan sesuai dengan metode dan ketentuan. Apakah kamu tertarik untuk masuk di bidang architectural technologist?

 

Share:

0 Komentar

Related Article