Kreatifitas

Tahapan Belajar Arduino Untuk Pemula dari Awal Sampai Bisa

Belajar arduino lebih enak apabila tahu urutan yang harus diikuti. Dan inilah cara belajar arduino untuk pemula dari awal sampai jadi

Ishak Okta Sagita3 Agustus 2021

Belajar arduino jauh lebih mudah ketika kamu tahu langkah-langkah yang harus dilakukan. Tujuannya untuk memudahkan kamu belajar supaya lebjh gampang buat belajar arduino.

Kamu juga bisa mengenal spesifikasi arduino yang dipakai, komponen elektronika yang digunakan, fungsi setiap port, cara pengujian, dan lain sebagainya.

Arduino sebagai media pembelajaran

arduino untuk media belajar

Arduino sering dipakai untuk media pembelajaran karena faktor berikut

  • Kemudahan mendapatkan komponen dengan harga terjangkau
  • Program yang digunakan sederhana dan mudah
  • Software arduino bersifat open source
  • Desain hardware bersifat open source

Guru sekolah menggunakan arduino untuk mengenalkan elektronika dan robotika sejak dini. Dari sinilah anak-anak mulai mengetahui peran arduino dan cara menggunakannya.

Dosen teknik elektro memakai arduino untuk mengajarkan mata kuliah kendali. Tujuannya untuk mempermudah mempelajari sistem kendali sekaligus menjadi kriteria penilaian mata kuliah. 

Tak jarang mahasiswa menggunakan arduino sebagai judul tugas akhir. 

Tahapan belajar arduino untuk pemula

tahapan belajar arduino untuk pemula

Berikut ini adalah urutan untuk kamu belajar arduino dari nol. Urutan ini supaya kamu lebih gampang buat belajar. 

1, Mengetahui fungsi dan kegunaan arduino

Hal pertama yang harus diketahui adalah fungsi dari arduino sendiri. Arduino berfungsi untuk membuat program terkait proyek-proyek elektronika. Contohnya adalah mahasiswa menggunakan untuk membuat tugas akhir, dekorasi pertunjukan seni untuk seniman, dan membuat benda otomasi untuk insinyur.  

2. Memilih papan arduino yang hendak digunakan

Langkah kedua adalah memilih papan arduino yang digunakan. Saat ini arduino memiliki 17 tipe yang dijual di pasaran. Setiap seri memiliki spesifikasi berbeda-beda. Arduino Uno sering digunakan pemula untuk belajar arduino. Arduino dikenal karena ramah untuk penggguna. Bahkan untuk mahasiswa perguruan tinggi sekalipun. 

Pada bagain Input/Output terdapat indikator berupa LED onboard, USB B controller, dan penangkal daya ketika membutuhkan listrik dari colokan eksternal. 

3. Mendownload software Arduino IDE

Perangkat Arduino dapat beroperasi apabila memiliki software Arduino IDE. Fungsi dari Arduino IDE (Intergrated Development Enviroment) untuk memasukan dan mengoperasikan program dari Arduino. Kamu bisa mendownload Arduino IDE lewat link ini

4. Memilik kit Arduino

Berikutnya adalah memilih kit arduino yang hendak digunakan. Kit arduino berisi arduino dan komponen elektronika seperti resistor, LED, LDR, dan papan. Variannya beragam mulai dari kit untuk pemula sampai tahap lanjut. Keuntungan dari memiliki kit arduino adalah sudah tersedia tutorial yang membantu kamu belajar arduino.

5. Memakai buku panduan/ebook/ maupun tutorial dari Kit Arduino. 

Penting untuk memiliki panduan belajar sangat penting untuk menunjang belajar arduino. Terutama untuk pemula yang belajar dasar-dasar arduino. Bentuk bisa beragam mulai dari artikel, video, ebook, buku ajar hingga tutorial yang ada di kit arduino. Kamu bisa cari disini untuk belajar arduino lewat website Daftar Web Untuk Belajar Arduino Bagi Pemula

Kamu bisa menggunakan buku ajar maupun ebook apabila ingin belajar arduino secara berurutan.

Keuntungan ketika kamu belajar melalui buku ajar maupun ebook adalah

  • Materi disusun secara sistematis
  • Terdapat penjelasan yang lebih tedperinci
  • Ada contoh kasus yang bisa dipraktikkan

Kamu bisa mencari ebook di internet baik bahasa inggris maupun bahasa indonesia. Tetapi kalau kamu lebih suka membaca secara fisik, ebook bisa kamu print sendiri.

6. Mempraktikkan dengan membuat program sederhana

Setelah punya semua kebutuhan untuk belajar arduino, kamu bisa mempraktikkan membuat program sederhana. Salah satunya adalah membuat program lampu sederhana. Kamu bisa menemukan tutorial di internet maupun buku materi tentang arduino. 

Mempraktikkan secara berkala membuatmu makin paham dengan cara kerja arduino. Kemampuanmu makin terasah dengan baik. Cobalah untuk mencoba program yang berbeda maupun proyek lainnya. 

 

Semua cara-cara ini bisa kamu tiru segera apabila ingin belajar arduino dari nol. Semakin sering mempraktikkan arduino maka kemampuanmu makin terasah dengan baik. Dan akan bermanfaat ketika kamu ambil arduino sebagia judul tugas akhir. 

Share:

0 Komentar