Pengetahuan

8 Tips Bagaimana Caranya Lulus Tes CSWA Solidworks

Ujian certified solidworks associate (CSWA) menguji pengetahuan dasar tentang solidworks. Sebelum memulai ujian CSWA, ada beberapa hal yang perlu sobat teknik ketahui.

Khomaria3 Desember 2021

CSWA merupakan salah satu tes kompetensi dari solidworks. CSWA sangat cocok untuk mahasiswa atau freshgraduate karena masih tahap dasar. Beda dengan CSWA yang untuk professional. CSWA adalah satu dari tiga tes sertifikasi yang dibuat oleh Solidworks

Ujian CSWA

Ujian CSWA adalah level pertama dari tiga tingkat sertifikasi solidworks. Selain durasi ujian selama 3 jam, ujian CSWA juga ada minimum passing grade sebesar 70% lho sobat teknik.

Tips mengerjakan ujian CSWA

Nah untuk itu, kamu membutuhkan persiapan yang cukup matang supaya langsung lolos dalam sekali ujian. Di samping sayang uangnya, sayang juga tenaga yang dikeluarkan kalau harus mengulang. Kali ini aku mau berbagi tips ngerjain ujian CSWA-nya. Simak sampai akhir ya sobat.

1. Amati Peraturan Ujian

Mungkin untuk sebagian orang tips pertama ini tidak terlalu penting. Tapi jangan salah sobat, hal sepele seperti ini bisa berdampak besar apabila benar-benar memperhatikan dan mengikuti dengan baik. Pastikan sebelum melaksanakan ujian, kamu paham betul akan peraturannya.

2. Kenali Shortcut Solidworks

Salah satu cara termudah untuk mendesain lebih cepat adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Tentunya shortcut keyboard Solidworks.

Dengan ini, kamu dapat meluncurkan perintah dengan cepat. Tidak membuang banyak waktu untuk mencari di tools.

Tidak hanya itu, sobat teknik juga bisa membuat shortcut khusus berdasarkan yang sering digunakan. Menarik bukan?

3. Gunakan Dua Layar Saat Ujian

Penggunaan dua layar monitor ini bertujuan untuk dapat menjalankan ujian CSWA Solidworks. Satu monitor untuk soal dan aplikasi Solidworks di monitor lainnya.

Sebenarnya ini tidak wajib, tetapi akan membantu sobat teknik dalam menggunakan waktu. Hasilnya tes menjadi lebih efisien dengan menghindari beralih tab di satu layar.

4. Pastikan Solidworks Berjalan Dengan Lancar

Sebelum ujian, kamu harus mengecek performansi dari solidworks. Bisa dengan cara run dan start solidworks sebelum menggunakan aplikasi ujian. Sobat teknik jangan sampai membuang waktu untuk menunggu solidworks loading.

5. Pelajari Model Gambar Pada Soal

Ada tiga model yang masing-masing memiliki pertanyaan di soal ujian. Tidak masalah kamu menghabiskan waktu cukup banyak pada model pertama. Mengingat sobat harus melakukannya dengan benar agar berhasil menjawab pertanyaan lanjutan.

Sebab pertanyaan lanjutannya tidak akan serumit model awal. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikannya lebih cepat.

6. Pelajari Jenis Tampilan Gambar

Di dalam ujian CWSA, terdapat bagian pilihan ganda. Di mana sobat teknik akan diberikan berbagai tampilan gambar dan harus dijawab berdasarkan pilihan yang tersedia. Jika kamu paham tentang tampilan gambarnya, kamu bisa mengumpulkan poin lebih banyak di bagian ini. 

7. Gunakan Solidworks Equation Manager

Salah satu tools solidworks adalah Equation Manager. Kamu bisa menghemat waktu dengan menggunakan Equation Manager untuk membuat perubahan dengan cepat.

Equation Manager akan sangat membantu dalam proses efisiensi waktu dalam mengerjakan ujian CSWA.

8. Sediakan Waktu Untuk Latihan

Bisa karena terbiasa memang sudah banyak yang membuktikan. Sudah waktunya sobat teknik yang merasakan manfaat dari Latihan atau exam preparation. Kini Anak teknik membuka CSWA Preparation yang dipimpin oleh tutor expert, online dan mandiri.

Kamu akan mendapatkan fasilitas menarik. Selain itu, rata-rata yang gabung program ini, lulus sertifikasi CSWA dengan passing grade di atas 80%.

Kamu bisa cek selengkapnya di link berikut ya : Certified Solidworks Associate (CSWA) Preparation

Meskipun ini level pertama di ujian solidworks, kamu harus benar-benar lulus untuk bisa ikut tes ke level berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, semangat 😊

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait