Teknologi

Cara Kerja RFID dan Pengaplikasiannya

Apakah kamu tau bagaimana cara kerja dari RFID ? Yuk simak berikut ini untuk mengetahuinya

Krysna Yudha Maulana23 Desember 2021

BAGAIMANA RFID BEKERJA?

RFID termasuk kategori teknologi Automatic Identification and Data Capture (AIDC). Metode AIDC secara otomatis mengidentifikasi objek, mengumpulkan, dan memasukkan data langsung ke dalam sistem komputer. Metode RFID bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio.

Pada tingkat yang sederhana, sistem RFID terdiri dari tiga komponen: tag RFID atau label pintar, pembaca RFID, dan antena. Tag RFID berisi sirkuit terpadu dan antena. Kegunaannya untuk mengirimkan data ke pembaca RFID (juga disebut interogator). Kemudian sistem baca mengubah gelombang radio menjadi bentuk data yang lebih berguna.

Informasi yang dikumpulkan dari tag kemudian ditransfer melalui antarmuka komunikasi ke sistem host. Yang mana data tersimpan di database dan dianalisis di lain waktu.

Baca juga : Mengulas Teknologi RFID yang Jarang Kita Ketahui

TAG RFID DAN LABEL CERDAS

Sebagaimana dinyatakan di atas, tag RFID terdiri dari sirkuit terpadu dan antena. Label terdiri dari bahan pelindung yang menyatukan potongan-potongan itu dan melindunginya dari berbagai kondisi lingkungan. Bahan pelindung tergantung pada aplikasi. Misalnya, lencana ID karyawan yang berisi tag RFID.

Pelindung RFID biasanya terbuat dari plastik tahan lama, dan disematkan pada tag. Tag RFID datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan bisa pasif atau aktif.

Tag pasif paling banyak digunakan, karena lebih kecil dan lebih murah untuk diterapkan. Tag pasif harus "diberdayakan" oleh pembaca RFID sebelum dapat mengirimkan data.

Tidak seperti tag pasif, tag RFID aktif memiliki catu daya onboard (misalnya, baterai), sehingga memungkinkan mereka untuk mengirimkan data setiap saat. 

Mereka terbuat dari label perekat yang disematkan dengan tatahan tag RFID, dan mungkin juga menampilkan kode batang dan/atau informasi tercetak lainnya. Label pintar dapat dikodekan dan dicetak sesuai permintaan dengan printer label desktop. Untuk memprogram tag RFID lebih memakan waktu dan membutuhkan peralatan yang lebih canggih.

PENGAPLIKASIAN RFID

Teknologi RFID dugunakan di banyak industri diantaranya digunakan untuk melakukan tugas berikut :

  • Manajemen persediaan
  • Pelacakan aset
  • Pelacakan personel
  • Mengontrol akses ke area terlarang
  • Lencana ID
  • Manajemen rantai persediaan
  • Pencegahan pemalsuan (misalnya di industri farmasi)

Itulah beberapa pengaplikasian dan juga cara kerja dari RFID atau radio-frequency identification yang semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman tentang teknologi dan pastinya bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel ini dan nantikan artikel-artikel berikutnya yang pastinya akan lebih seru dan lebih menarik .

Share:

0 Komentar