Teknologi

Mengenal Manfaat Big Data Untuk Keperluan Bisnis

Taukah kalian apa manfaat dari big data ? daripada penasaran yuk baca artikel ini

Krysna Yudha Maulana30 September 2021

Apa Itu Big Data ?

Big Data bukanlah sebuah teknologi yang dapat berdiri sendiri. Big Data merupakan trend yang mencakup area dalam dunia bisnis dan teknologi. Serta merupakan kumpulan jalan sangat besar yang diproduksi di era digital.

Data tersebut mencakup semua data dari web, email, dan media sosial baik terstruktur maupun tidak terstruktur (Holmes, 2017). Big Data melibatkan proses pembuatan data, penyimpanan, penggalian informasi, dan analisa menonjol terkait volume, velocity, dan variety (Kamal & Saxena, 2019).

Manfaat penggunaan Big Data ?

Salah satu manfaat terbesar dari Big Data dapat melakukan analisis prediktif. Analitik Big Data dapat memprediksi hasil secara akurat, sehingga memungkinkan bisnis dan organisasi untuk membuat keputusan yang lebih baik, sekaligus mengoptimalkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko. Manfaat lain dari Big Data khususnya di bidang bisnis, sebagai berikut:

1. Sebagai alat analisa untuk berbagai platform media sosial

Big Data, bisnis di seluruh dunia dapat merampingkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan pengalaman konsumen secara keseluruhan. Big Data memberikan wawasan tentang poin kesulitan pelanggan dan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanan mereka.

2. Meningkatkan akurasi

Big Data menggabungkan data yang relevan dari berbagai sumber untuk menghasilkan wawasan baru unutk ditindaklanjuti. Hampir 43% perusahaan tidak punya alat unutk menyaring data yang tidak relevan. Dan akhirnya harus  menghabiskan jutaan dolar untuk mencari data yang sesuai. Analitik Big Data dapat membantu mengurangi ini, menghemat waktu dan uang.

3. Analitik Big Data dapat membantu perusahaan menaikan angka penjualan yang secara alami akan berarti peningkatan pendapatan.

Bisnis menggunakan alat analitik Big Data untuk memahami seberapa baik kinerja produk / layanan mereka di pasar dan bagaimana pelanggan meresponsnya.

4. Dengan wawasan Big Data, perusahaan mempu bersaing dengan kompetitor

Perusahaan dapat menyaring pasar untuk mengetahui jenis promosi dan penawaran apa yang disediakan pesaingnya, dan kemudian dapat memberikan penawaran yang lebih baik untuk pelanggan. Selain itu, wawasan Big Data memungkinkan perusahaan mempelajari perilaku pelanggan untuk memahami
tren pelanggan dan memberikan pengalaman yang sangat 'dipersonalisasi' kepada mereka.

Itu tadi adalah manfaat dari penggunaan big data. Untuk tahu contoh pengaplikasian lainnya sudah ada di artikel pengaplikasian big data

Sekian artikel yang dapat saya berikan kepada teman anak teknik , tunggu artikel-artikel selanjutnya. 
 

Share:

0 Komentar