Fun Fact

15 Singkatan yang Wajib Dipahami Mahasiswa Ketika Masuk Perkuliahan

15 singkatan yang wajib dipahami mahasiswa ketika masuk perkuliahan untuk tujuan memudahkan dalam hal perkuliahan. No. 15 sangat fatal sekali bila dilakukan.

Prayogi Donny Dharmawan8 Juli 2021

Perguruan tinggi memiliki berbagai singkatan yang harus dipahami mahasiswa untuk kepentingan perkuliahan. Apalagi sebentar lagi masuk masa penerimaan mahasiswa baru dimana banyak mahasiswa yang baru masuk dunia perkuliahan dan masih awam tentang istilah-istilah ataupun singkatan yang ada di kampus.

Selain itu, mahasiswa semester atas sendiri masih bingung untuk menjelaskan istilah dalam perkuliahan. Lalu apa saja sih singkatan itu, berikut adalah ulasan tentang 15 singkatan yang wajib dipahami mahasiswa ketika masuk perkuliahan :

istilah dan singkatan dalam perkuliahan
Ilustrasi mahasiswa sedang belajar (freepik.com/rawpixel.com)

1. KRS

KRS atau Kartu Rencana Studi adalah kartu atau form yang harus diisi oleh mahasiswa dengan cara mengambil mata kuliah yang ingin ditempuh.  Ketika kuliah mahasiswa yang diminta secara mandiri untuk merencanakan studinya. Berapa jumlah mata kuliah yang mahasiswa ambil juga akan berdampak pada cepat/lambatnya masa studi berlangsung.

2. SKS

SKS atau Satuan Kredit Semester merupakan bobot pendidikan yang dimiliki tiap mata kuliah. SKS ini biasanya mengacu pada berapa lama proses pembelajaran suatu mata kuliah itu berlangsung.

Jumlahnya pun bervariasi ada yang 1,2,3 sampai 6 SKS tiap mata kuliah dan biasanya untuk lulus diwajibkan untuk menempuh rata-rata SKS sebanyak 145 SKS (biasanya sudah termasuk skripsi). Dalam 1 semester mahasiswa hanya boleh menempuh maksimal 24 SKS itupun jumlahnya masih bisa berkurang akibat nilai IPK yang tidak memenuhi standart. 

3. KTM

KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa adalah kartu yang dimiliki tiap mahasiswa dan biasanya dibuatkan pada saat mahasiswa sudah melalui proses daftar ulang.

KTM ini sama seperti kartu yang kalian punya ketika masih berada di bangku sekolah dulu yang biasanya memuat data diri yang membedakannya adalah tingkatannya saja. Fungsi KTM supaya mahasiswa yang ingin menikmati fasilitas kampus seperti pinjam buku di perpustakaan, pelayanan kesehatan, parker gratis, dan fasilitas yang lainnya.

4. IP

IP atau Indeks Prestasi adalah nilai akhir dari semua mata kuliah yang kalian tempuh dalam 1 semester, ketika masa sekolah sama saja dengan nilai akhir semester. IP dalam perkuliahan skala nilainya dari 0 sampai 4 saja dan nilai per mata kuliah biasanya diberi dengan huruf abjad yaitu A, A-, B+, B, B-, dst.

IP ini juga berfungsi acuan mahasiswa untuk mengevaluasi pembelajarannya selama 1 semester, apakah sudah cukup baik ataukah masih banyak yang harus diperbaiki.

5. IPK

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai dari keseluruhan mata kuliah yang kalian tempuh. Nilai ini juga merupakan hasil rata - rata dari nilai tiap semester yang sudah kalian dapatkan.

Biasanya ada istilah khusus untuk mahasiswa yang memiliki IPK tinggi seperti Summ Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Cumlaude.

6. SP

SP atau Semester Pendek adalah waktu tambahan belajar yang opsional biasanya ada diantara semester genap ke ganjil. SP ini berguna bagi mahasiswa yang tidak puas dengan hasil yang didapat dan ingin memperbaiki nilai yang jelek tadi dengan cara mengikuti semester pendek ini.

Durasi SP kurang lebih 3 bulan dan biasanya ada minimal mahasiswa yang harus dipenuhi dalam 1 mata kuliah yang akan diambil. Biaya yang dikenakan adalah per 1 SKS sehingga jika kalian semisal mengambil 4 mata kuliah dengan jumlah keseluruhan 10 SKS maka tinggal kalikan saja dengan harga yang sudah ditentukan per 1 SKS nya.

7. TA

TA atau Tugas Akhir biasa juga disebut dengan skripsi adalah semacam karya tulis ilmiah yang harus disusun oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusannya. TA juga merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa setiap prodi yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan/permasalahan yang ada.

8. KKN

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan pendekatan disiplin ilmu yang sudah didapatkan selama duduk di bangku perkuliahan. KKN ini juga merupakan bentuk pengaplikasian dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Durasi KKN biasanya 1-2 bulan dan jadwalnya diatur oleh pihak kampus.

9. PKL

PKL atau Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat dilingkungan kerja. Dalam dunia mahasiswa PKL juga disebut dengan magang yaitu proses implementasi dari segala macam pembelajaran yang telah dilalui di perkuliahan dengan program penugasan kerja secara langsung untuk mencapai suatu keahlian di bidang tertentu.

Durasi PKL mahasiswa ini biasanya 1-3 bulan dengan instansi yang bermacam-macam sesuai dengan latar belakang bidang keahlian mahasiswa yang bersangkutan.

10. HMJ/Hima

HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi mahasiswa yang berkedudukan di tingkat jurusan. Di HMJ ini biasanya mahasiswa akan berhimpun dalam suatu structural dan akan melaksanakan program kerja yang sudah di rencanakan sebelumnya. Pada dasarnya HMJ ini setara dengan osis yang ada di sekolah dulu namun yang membedakannya adalah tingkatannya.

11. BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa yang berkedudukan di fakultas. Hampir sama dengan HMJ yang membedakannya adalah tingkatannya yang berada di atas HMJ.

BEM biasanya diisi oleh gabungan mahasiswa yang berasal dari tiap jurusan yang dinaungi oleh fakultas tersebut. Wilayah kerjanya mencakup seluruh mahasiswa dalam 1 fakultas itu dan setiap HMJ yang dimiliki tiap jurusan juga berada dibawah naungan BEM.

12. UKM

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa adalah semacam kegiatan ekstrakuliker yang ada di sekolah dulu. Banyak sekali pilihan kegiatan yang ada dan bisa diikuti oleh mahasiswa. Biasanya untuk masuk dan mengikuti kegiatan UKM ini bisa dilakukan sejak awal menjadi mahasiswa baru.

13. SIA

SIA atau Sistem Informasi Akademik adalah pusat layanan data yang memuat tentang data-data perkuliahan kita seperti KRS, IP/IPK, data diri, transkrip pembayaran, dan data yang lainnya.

SIA dibuat bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dan birokrasi kampus dalam hal melaksanakan proses pembelajaran serta segala urusan yang berkaitan dalam hal administrasi secara daring/online.

14. Prodi

Prodi atau Program Studi merupakan fokus pendidikan dari jurusan yang telah mahasiswa pilih. Lebih mudahnya prodi ini berada dibawah naungan jurusan, sedangkan jurusan dibawah naungan fakultas.

Sebagai contoh ada mahasiswa yang masuk di fakultas teknik dengan jurusan teknik mesin dan ambil prodinya teknik industri.

15. DO

DO atau Drop Out adalah istilah bagi mahasiswa yang dikeluarkan pihak kampus karena melanggar aturan ditetapkan oleh pihak kampus. DO biasanya hanya diberikan kepada mahasiswa yang benar-benar melakukan kesalahan fatal dan pihak kampus pun tidak bisa mentolerir perbuatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

 

Demikianlah ulasan tentang 15 singkatan yang wajib dipahami mahasiswa ketika masuk perkuliahan semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua, terutama mahasiswa baru. Like jika kalian suka artikel ini dan komentar untuk ide artikel berikutnya. Terima Kasih.

Share:

0 Komentar