Pengetahuan

7 Jenis-Jenis Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber energi yang dapat diperhabarui. Agar dapat terealisasikan, perlu pembangkit listrik. Apa saja jenis-jenis pembangkit listrik energi terbarukan?

Pembaca mungkin sudah mengenal dan atau lebih memahami tentang energi baru dan terbarukan. Sebagian besar energi baru dan terbarukan dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Dalam tulisan ini saya akan mencoba membahas terkait macam energi baru dan terbarukan yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Sumber energi terbarukan merupakan suatu sumber energi yang berasal dari alam dimana siklus kehidupannya relatif cepat. Berbeda dengan pendahulunya, sumber energi konvensional mempunyai siklus kehidupannya relatif lama.

Sedangkan energi terbarukan ialah energi yang dihasilkan (listrik) oleh sumber energi terbarukan dengan melalui proses dan mekanisme tertentu. Untuk mengenal lebih jauh, berikut merupakan macam energi terbarukan.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

pembangkit listrik tenaga air PLTA
listrikindonesia.com

PLTA merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan energi potensial dan kinetik air untuk menggerakkan turbin dimana turbin ini satu poros dengan generator.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

pembangkit listrik tenaga panas bumi pltp
wira.co.id

PLTP merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan uap jenuh untuk mengggerakkan turbin yang satu poros dengan generator. Uap jenuh ini dihasilkan oleh air yang dipanaskan didalam perut bumi oleh magma.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

pembangkit listrik tenaga bayu pltb
Caption

PLTB merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan energi kinetik angin untuk menggerakkan baling-baling atau sudu yang satu poros dengan generator.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

pembangkit listrik tenaga nuklir pltn
indonesiare.co.id

​​​​​​​PLTN mempunyai kemiripan cara kerja dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). PLTU memanfaatkan bahan bakar fosil untuk memanaskan air menjadi uap sedangkan kan PLTN bahan bakar fosil ini diganti dengan nuklir.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

pembangkit listrik tenaga surya plts
ekonomi.kompas.com

PLTS merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan energi surya untuk menghasilkan listrik. Terdapat dua cara dalam memanen energi surya, yakni dengan sel surya dan concentrated solar power (CSP). 

Sel Surya

​​​​​​​Merupakan pemanfaatan energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui efek fotoelektrik.

Concentrated Solar Power (CSP)

​​​​​​​Merupakan pemanfaatan energi panas matahari dengan cara memusatkan energi tersebut pada suatu titik untuk mgenhasilkan uap dengan menggunakan cermin.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)

pembangkit listrik tenaga ombak plto
listrikindonesia.com

​​​​​​​PLTO merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan gelombang laut yang diakibatkan oleh angin atau pergerakkan lempeng.

7. Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut (PLTPS)

pembangkit listrik tenaga pasang surut pltps
goodnewsfromindonesia.id

​​​​​​​PLTPS merupakan suatu pembangkit listrik yang memanfaatkan pasang surut air laut untuk menghasilkan listrik.

Jadi seperti itu kira-kira macam energi baru dan terbarukan untuk menghasilkan listrik, disamping itu ada juga energi baru dan terbarukan yang berasal dari sampah kota, biomassa, biofuel, hidrogen dan lainnya. Hanya saja mereka ini masih belum cukup populer. Semoga tulisan saya dapat membawa pembaca tersesat di jalan yang benar. Terimakasih sudah membaca.

Share:

0 Komentar