Pengetahuan

Memahami Pentingnya Tentang Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi (Bagian 2)

Pemahaman tentang manajemen. Apa itu manajemen, dan bagaimana cara melakukan praktik manejemen dalam keseharian, terusama mahasiswa.

Putra Andi Kolala6 September 2021

Kali ini gue akan mencoba melanjutkan bagian 2 dari tulisan sebelumnya terkait Memahami Pentingnya Tentang Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi (Bagian 1) Without further ado, mari simak tulisan gue.

Pada tulisan sebelumnya gue membahas tentang kepemimpinan, maka sekarang izinkan gue untuk membahas tentang manajemen.

Pengertian Manajemen

Secara etimologi manajemen berasal dari bahasa Perancis yakni “ménagement"yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Sedangkan secara terminologi manajemen adalah suatu proses kegiatan usaha mencapai tujuan tertentu. Dalam kontek organisasi, Mary Parker Follet mendefinisikan sebagai berikut.

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain

Hal ini mempunyai maksud bahwa, untuk mencapai tujuan tertentu maka diperlukan suatu bentuk pengaturan terhadap individu-individu yang terlibat.

Unsur-unsur Manajemen

Manajemen tidak akan mempunyai makna jika tidak memenuhi unsur-unsur berikut, kehilangan satu unsur saja menyebabkan definisi manajemen itu menghilang. Adapun unsur-unsur manajemen identik dengan istilah 6M adalah sebagai berikut.

  • Man (manusia) : merupakan penggerak dalam melaksanakan aktivitas atau kegiatan demi mencapai tujuan tertentu.
  • Method (Metode) : merupakan suatu bentuk standar baku atau suatu prosedur yang telah dibuat untuk menjalankan aktivitas demi mencapai tujuan tertentu.
  • Machine (Mesin) : merupakan alat dan teknologi yang dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan demi mencapai tujuan tertentu.
  • Materials (Bahan) : merupakan barang baku yang dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan demi mencapai tujuan tertentu. 
  • Money (Uang) : merupakan benda yang berfungsi sebagai alat tukar dalam menjalankan aktivitas dan kegiatan demi mencapai tujuan tertentu. Perlu diingat bahwa money tidak selalu dalam bentuk mata uang.
  • Market (Pasar) : merupakan individu, kelompok, klien, korporasi atau lainnya yang dianggap sebagai penerima dari tujuan yang dihasilkan.

Contoh Real Case manajemen

Case yang diambil dalam hal ini ialah kegiatan mahasiswa yakni Malam Keakraban (Makrab) yang bertujuan untuk bersilaturahmi antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama dan lo ditugaskan untuk menjadi ketua pelaksana alias sebagai pemimpin kegiatan tersebut.

Pertama-tama lo sebagai ketua pelaksana akan membutuhkan sumber daya manusia (man), disini lo akan memilih SDM dan menempatkan mereka di divisi-divisi tertentu. Selanjutnya lo memikirkan prosedur-prosedur untuk mencapai tujuan tersebut, misalkan dengan cara membuat flyer atau pamflet agar mendapatkan atensi (method). 

Berikutnya, dengan method yang telah disebutkan yakni pembuatan flyer atau pamflet yang mana bahan baku mereka ialah kertas HVS (materials). Serta mencari tahu alat bantu apa yang mendukung dalam pamphlet dan flyer design yakni bisa dalam bentuk smartphone dan komputer (machine).

Selanjutnya dibutuhkan alat tukar untuk membeli materials yakni berupa uang (money). Terakhir pemberian informasi terhadap target, dalam hal ini ialah mahasiswa baru dan mahasiswa lama (market).

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen yang paling popular dikenalkan oleh George Robert Terry dengan istilah POAC yakni:

  • Planning : Membuat perencanaan secara terstruktur dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Organizing : Pengaturan baik itu SDM atau SDA sesuai dengan tempatnya.
  • Actuating : Pelaksanaan dari kegiatan yang telah direncanakan dan yang sudah diatur.
  • Controlling : Bentuk pengawasan terhadap kegiatan dari awal (planning) sampai dengan kegiatan berakhir.

Fungsi-fungsi ini mempunyai maksud untuk menata dan mengelola proses agar terarah sehingga tujuan yang dicapai dapat lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Begitulah kira-kira tulisan gue di bagian kedua ini terkait manajemen. Ada beberapa konten terkait manajemen ini yang tidak gue tampilkan seperti bentuk evaluasi, analisis dan lainnya. Akan tetapi esensi dari tulisannya sudah dipaparkan. 

Tulisan ini merupakan gambaran umumnya, untuk lebih rincinya kita bisa diskusi di kolom komentar. Semoga tulisan gue ini dapat membawa lo menuju kesesatan yang benar. Thank u for read my articles.

Share:

0 Komentar