Pengetahuan

5 Software Terbaik Untuk Simulasi Rangkaian Elektronika

Sebelum buat rangkaian secara langsung di projectboard atau PCB, Yuk uji coba dulu skema rangkaianmu

Rafi Dimas Ariyanto16 Juli 2021

Komponen elektronika merupakan komponen yang sangat sensitif dan paling kompleks. Tak jarang jika digunakan tidak sesuai dengan semestinya, dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen tersebut, seperti kelebihan daya, short, dll.

Sebelum rangkaian elektronika secara langsung alangkah lebih baik jika dilakukan simulasi terlebih dahulu. Tujuannya agar dapat mengurangi potensi kerusakan rangkaian elektronika dan tentunya juga dapat membantu merinci komponen yang harus digunakan. Hal tersebut akan membantu untuk memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli komponen yang dibutuhkan.

Berikut 5 software terbaik untuk simulasi rangkaian elektronika :

Baca Juga : 4 Filosofi Hidup dari Komponen Elektronika

1. Livewire

Livewire
Source : img.informer.com

Livewire adalah software yang dapat digunakan untuk mendesain dan mensimulasikan sebuah rangkaian elektronika. Software tersebut dilengkapi dengan berbagai komponen, seperti resistor, diode, kapasitor, dan lain sebagainya.  Sehingga software tersebut dapat digunakan untuk membuat sebuah rangkaian elektronika, semisal untuk rangkaian RLC.

Software Livewire merupakan sebuah software yang berbayar. Pada kesempatan awal, user dapat mencoba menggunakan versi demonstration untuk merangkai sebuah rangkaian elektronika dan untuk dapat melakukan simulasi user harus memiliki sebuah license.

2. Proteus

Proteus
Source : labcenter.com

Proteus bisa dibilang merupakan software terbaik untuk desain dan simulasi rangkaian pada saar ini. Hal itu karena pada proteus user bukan hanya saja dapat merangkai dan melakukan simulasi pada rangkaian yang sudah dibuat, namun juga dapat mendesain PCB dari rangkaian tersebut. Selain itu pada sotware proteus terdapat text editor yang dapat digunakan oleh user untuk memprogram suatu mikrokontroler seperti, Atmega328.

Proteus juga sudah tersedia berbagai macam komponen yang dapat langsung digunakan oleh user dan apabila user ingin menambahkan komponen sendiri juga dapat melakukan penambahan library komponen. Namun software proteus sama seperti dengan software Livewire yaitu sama-sama berbayar.   

3. Fritzing

Fritzing
Source : unydevelopernetwork.com

Fritzing merupakan software yang dapat digunakan untuk mendesain rangkaian secara gratis. Fritzing memiliki keunggulan pada tampilan komponen yang tersedia karena memiliki tampilan yang mirip dengan aslinya. Selain itu pada fritzing user bukan hanya dapat mendesain rangkaian saja namun juga dapat digunakan untuk mendesain PCB Layout.

User juga dapat menambah library komponen sendiri apabila komponen yang tersedia kurang lengkap. Namun, kekurangan pada software fritzing adalah tidak dapat digunakan untuk melakukan simulasi dari rangkaian yang telah dibuat.

4. Electronics WorkBench

Electronics WorkBench
Source : softvela.com

Electronics WorkBench atau biasa dikenal dengan  EWB adalah software yang hampir mirip dengan Livewire, hanya saja pada EWB memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti adanya Oscilloscope, spectrum analyzer, Function Generator, dan sebagainya.

Adanya tambahan beberapa fitur tersebut membuat  Electronics WorkBench sangat cocok digunakan untuk pengolahan sinyal digital. Selain itu pada software ini user dapat melakukan simulasi dari rangkaian yang telah dibuat. Namun, kekurangan dari software tersebut adalah tampilan dari komponen yang terasa masih kurang sesuai dengan tampilan asli komponen. 

5. Autodesk Tinkercad

Autodesk tinkercad
Source : unydevelopernetwork.com

Autodesk Tinkercad atau biasa dikenal dengan Tinkercad merupakan sofware simulasi dan desain rangkaian dari Autodesk yang dapat digunakan secara onlineUser cukup melakukan log in dengan email ataupun membuat akun baru akan langsung dapat menggunakan platform satu ini.

Tinkercad memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan fritzing, namun pada Tinkercad user bukan hanya dapat mendesain rangkaian tapi juga dapat melakukan simulasi dari rangkaian yang telah dibuat. Selain itu pada Tinkercad memiliki tampilan komponen yang mirip dengan tampilan real-nya.

Nahh, begitu tadi ulasan mengenai 5 software terbaik untuk melakukan simulasi rangkaian elektronika, semoga dapat membantu sebelum membuat sebuah project elektronika dan semoga dapat membantu menambah wawasan memilih software simulasi yang sesuai untuk  praktikum secara daring ketika pandemi saat ini. Semoga bermanfaat :)

Share:

0 Komentar