Teknologi

18 Jenis Sensor Gas seri MQ

Apakah kamu tau jenis-jenis sensor gas MQ

frans28 Januari 2022

Manusia memiliki panca indera yang digunakan untuk mengenali lingkungan mereka. Dari situ, manusia mulai beradaptasi dengan kebutuhannya. Indra manusia meliputi penglihatan, pendengaran, pengecapan, pengecapan, dan penciuman.

Namun, indera manusia ada batasnya. Seperti mata yang hanya dapat melihat pada jarak tertentu, telinga hanya dapat mendengar suara pada frekuensi dan desibel tertentu, dan hidung hanya dapat mencium aroma tertentu. Tidak ada perbedaan antara jenis bau di hidung. 

Saat ini muncul berbagai sensor untuk mendeteksi banyak hal dengan lebih detail dan akurat. Dengan demikian manusia dapat terhindar dari bahaya atau berguna untuk kesehatan. Selain itu, hal ini juga mendukung teknologi cerdas dengan kemampuan mirip manusia.

Pengertian Sensor

Sensor adalah alat yang berfungsi mengubah besaran mekanik, magnet, panas, cahaya, dan kimia menjadi listrik. Bentuknya seperti tegangan, hambatan, atau arus listrik. Perubahan ini dapat dijadikan sebagai pembacaan pada rangkaian mikrokontroler. 

Dari segi indera penciuman, sensor seri MQ yang paling sering digunakan. Sensor MQ dapat mendeteksi gas di sekitarnya sehingga mikrokontroler dapat menanganinya secara akurat.

Jenis sensor seri MQ (sensor gas)

1. MQ2

MQ2 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau metana, butana, LPG dan asap rokok. Sensor ini biasanya digunakan untuk mendeteksi kebocoran LPG, keberadaan perokok atau lainnya. Namun semua bergantung sensitivitasnya.

2. MQ3

MQ3 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau alkohol, etanol dan asap rokok. Sensor MQ3 sering digunakan untuk mengetahui ada tidaknya gas alkohol.

3. MQ4

MQ4 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau metana dan CNG. Gas metana adalah gas yang mudah meledak. Ini memungkinkan Anda memilih MQ4 untuk mendeteksi keberadaan gas metana di udara. Ini juga dapat diambil alih oleh MQ2.

4. MQ6

MQ6 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau gas LPG dan butana. Sensor ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan sensor MQ2. Tapi saya tahu kurang dari itu: gas LPG dan gas butana.

5. MQ7

MQ7 adalah sensor gas yang sensitif terhadap karbon monoksida. Sensor ini biasanya digunakan untuk mengukur kadar CO di udara.

6. MQ8

MQ8 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas hidrogen. Sensor ini biasa digunakan untuk mendeteksi kadar hidrogen di udara untuk mencegah kebakaran. 

7. MQ9

MQ9 adalah sensor gas yang sensitif terhadap hidrogen dan gas mudah terbakar lainnya. Sensor ini memiliki kemiripan dengan sensor MQ9. Ini lebih rumit.

8. MQ131

MQ131 adalah sensor gas yang sensitif terhadap ozon. Sensor ini biasanya digunakan untuk mengetahui indikator pencemaran ozon di Bumi.

9. MQ135

MQ135 adalah sensor gas yang sensitif terhadap benzena, alkohol, dan asap rokok. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan alkohol atau asap rokok di sekitar kita.

10. MQ136

MQ136 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas hidrogen dan gas sulfida.

11. MQ137

MQ137 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas amonia.

12. MQ138

MQ7 adalah sensor gas yang sensitif terhadap benzena, toluena, alkohol, propana, formaldehida dan gas hidrogen.

13. MQ214

MQ214 adalah sensor gas yang sensitif terhadap metana dan gas alam.

14. MQ216

MQ216 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas alam dan gas batubara.

15. MQ303A

MQ303A adalah sensor gas yang sensitif terhadap alkohol, etanol dan asap rokok.

16. MQ306A

MQ 306 A adalah sensor gas yang merespon gas LPG dan butana.

17. MQ307A

MQ307 A adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas karbon monoksida.

18. MQ309A

MQ309 A adalah sensor gas yang sensitif terhadap karbon monoksida dan gas mudah terbakar lainnya.

Secara umum, ada berbagai kombinasi penggunaan sensor MQ yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Jadi, misalnya Anda hendak mendeteksi keberadaan gas LPG, Anda bisa gunakan sensor MQ2, MQ6, atau MQ306A. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait