Industri

Perbedaan Fisik Pesawat Airbus dan Boeing

Pesawat Airbus dan Boeing memiliki karakteristik berbeda. Dan apa saja perbedaan antara pesawat airbus dan boeing?

Andy Wallid T12 Mei 2021

Hallo kawann semua

Kali ini saya akan membahas sebuah perbedaan fisik yang antara kedua pabrikan pesawat 

Sebelum ke perbedaan dari keduanya, apakah kawan semua sudah sejarah Airbus dan Boeing??

Kita bahas sejarahnya dulu yakkk agar kawan semua mengetahui sejarahnya karena sejarahnya sangat menarik untuk dibahas.

Sejarah Pesawat

Airbus

Airbus merupakan perusahaan penerbangan yang berasal dari Eropa yang dibuat untuk menandingi perusahaan Amerika seperti Boeing, yang dibentuk pada tahun 1970 setelah adanya persetujuan antara negara Prancis, Jerman dan spanyol negara mensuport pengembangan pesawat Airbus. 

Airbus pertama kali terbang pada tahun 1972, Pabrikan Airbus juga mempunyai pesawat A380 yang dinobatkan sebagai pesawat terbesar di Dunia. Saat ini Airbus menjadi pesaing paling berat di industri penerbangan karena pesawat-pesawat yang diproduksi semakin canggih dan modern sehingga pesawat pabrikan Airbus semakin menyaingi Boeing yang sudah lebih dahulu memproduksi pesawat.

Boeing

Perusahaan yang dikatakan multinasional ini merancang, memproduksi,dan menjual pesawat terbang,pesawat rotor,roket dan satelit. wahh lengkap banget yak kawan kawan, nahh perusahaan ini juga menyediakan penyewaan dan dukungan produk loh Boeing juga merupakan salah satu produsen pesawat terbesar di dunia. 

Perusahaan ini berasal dari negara Amerika tepatnya berada di Chicago dan  perusahaan Boeing sudah berdiri lebih dahulu dari  perusahaan Airbus sehingga perusahaan ini sudah mempunyai banyak pengalaman untuk masalah produksi sebuah pesawat.

Itu adalah sejarah singkatnya kedua pabrikan, kita lanjut ke perbedaan bentuk fisik antara Airbus dan Boeing. kawan semua udah penasaran kan!!!!!!!! 

Baca Juga : Airbus Beluga XL, Pesawat Kargo Unik dengan Desain Menyerupai Ikan Paus

Baca Juga : Pesawat Bisa Terbang karena Dukun?? Berikut Penjelasannya dan Cara Kerjanya

Perbedaan bentuk fisik Airbus dan Boeing

Perbedaan paling mencolok terlihat pada bentuk dari nosenya atau hidung pesawat (moncongnya).  Untuk Airbus nose-nya lebih besar dan lebih pendek, sedangkan Boeing lebih lancip dan agak panjang. 

Perbedaan yang paling kelihatan adalah pada fuselage atau badan pesawatnya Airbus lebih oval dan besar sedangkan Boeing badanya lonjong dan tidak terlalu besar. masih banyak perbedaan keduanya namun perbedaan di atas mudah kawan kawan ketahui dan sangat gampang untuk dipahami karena sangat mudah untuk diaplikasikan.

Dari perbedaan diatas kita dapat mengetahui apakah pesawat yang kita lihat berasal dari pabrikan Airbus atau Boeing tanpa masuk ke dalam pesawatnya.

Terimakasih,sekian dan semoga bermanfaat

Jika ada kesalahan pengetikan atau isi dari tulisan yang saya buat mohon dimaafkan

Salam Dirgantara

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait