Industri

7 Pekerjaan di bidang IT Yang Tidak Perlu Jago Ngoding

Tidak semua pekerjaan di bidang IT mengharuskan kamu jago dalam ngoding, berikut ini adalah pekerjaan IT untuk kamu yang tidak jago ngoding.

Teddy Alfansyah12 Juli 2021

Ingin bekerja di perusahan IT tapi gak bisa ngoding? Sejujurnya pekerjaan di perusahaan IT gak selalu terkait dengan pemrograman. Masih ada jenis pekerjaan yang bisa kamu ambil tanpa harus punya skill coding. Apa saja itu?

1. System Analyst

System Analyst bertanggung jawab untuk melakukan analisis, merancang dan mengimplementasikan sistem. System Analyst menggunakan teknik analisis dan roadmap untuk menyelesai yang berhubungan dengan IT, biasanya System Analyst juga berperan untuk memimpin dalam implementasi sistem baru yang akan digunakan perusahaan. Meski berada di tim engineering, System Analyst tidak menghabiskan waktunya untuk mengurusi kode.

2. Technical Writer

Profesi ini bertugas untuk mendukumentasikan sebuah sistem atau aplikasi menjadi sebuah tulisan, tulisan ini biasanya berupa manual book yang ditujukan bagi user ataupun programmer. Seorang Technical Writer saling berhubungan dengan System Analyst, karena setiap dokumentasi yang sudah dibuat Technical Writer akan diberikan kepada System Analyst. 

3. UI / UX

User Interface (UI) tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX). UI Designer memiliki tugas dalam membuat tampilan dari suatu aplikasi/website, UX Designer memiliki tugas menentukan bagaimana suatu aplikasi/website dapat beroperasi dengan mudah dan juga bertanggung jawab untuk kepuasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi atau website yang dibuatnya.

4. Konsultan IT

Konsultan IT bertugas untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada pada suatu sistem. Solusi yang diberikan tidak boleh sembarangan, karena sistem yang terkena masalah harus segera diatasi.

Konsultan IT harus keahlian yang baik dalam berkomunikasi, keterampilan organisasi dan pemahaman dalam sistem IT. Konsultan IT memberikan saran dan solusi kepada klien tentang teknologi dengan harapan memenuhi tujuan bisnis suatu perusahaan ataupun mengatasi masalah klien.

5. Network Engineer

Network Engineer bertanggung jawab atas keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet di sebuah perusahaan. Keberlangsungan dan stablitas dapat diukur melalui data, suara, video dan lainnya. Network Engineering juga memiliki tugas melakukan monitoring dan melakukan pengaturan secara rutin agar tidak terjadi masalah. 

6. Software Tester

Software Tester adalah orang yang bertugas menguji perangkat lunak, pada umumnya Software Tester menganalisis kualitas perangkat dengan mencari bug, cacat dalam produk, serta masalah lainnya yang mempengaruhi kinerja software. Seorang Software Tester akan sering berkolaborasi dengan para Developer untuk prosedur pengujian kuliatas perangkat lunak dengan aplikasi khusus yang telah dirancang.

7. Database Administrator

Database Administrasitor bertanggung jawab atas kinerja dan kemanan database, seorang Database Administrator juga akan terlibat dalam perencanaan dan pengembangan Database. Untuk menjadi seorang Database Administrator, setidaknya kamu hanya perlu menguasai satu bahasa seperti SQL saja.

Itu tadi adalah beberapa pekerjaan di bidang IT tanpa harus jago coding. Pilihan lainnya bisa kamu baca di sini 7 Profesi Anak IT Untuk Kamu yang Malas Ngoding!

 

Share:

0 Komentar