Opini

Resolusi 2022: Siap Berkembang dengan Menerapkan Growth Mindset

Perlunya menumbuhkan growth mindset agar kita senantiasa tumbuh dan berkembang

Minir3 Januari 2022

Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda. Pada dasarnya pola pikir seseorang berguna untuk memproses kecerdasan seseorang yang tertuang dalam pemikiran dan juga tindakan.

Faktanya, masih ada orang yang cenderung belum berkembang karena berbagai faktor. Sebagai mahasiswa penting untuk mampu menumbuhkan pola pikirnya. 

Untuk itu perlunya menumbuhkan growth mindset agar kita senantiasa tumbuh dan berkembang. Tidak hanya dari segi fisik tetapi juga segi pemikiran.

Berikut penulis akan merangkum beberapa pola pikir yang masuk kategori growth mindset.

1. Yakin pada diri sendiri

Seseorang yang memiliki keyakinan pada dirinya sendiri untuk mencoba dan melakukan sesuatu hal. Sehingga dia mampu memiliki keyakinan bahwa dia bisa menjadi siapapun dan apapun.

Memiliki keyakinan pada diri sendiri dapat merubah yang biasa-biasa saja menjadi growth mindset.

2. Motivasi semangat yang tinggi

Seseorang yang memiliki pemikiran tentu saja hal akan bersemangat dalam melakukan aktivitas tertentu. Sehingga penting bagi Anda untuk menciptakan motivasi agar bisa menumbuh kembangkan mindset Anda.

Dapat dianalogikan bahwa motivasi semangat merupakan suplemen untuk memiliki pemikiran yang terus berkembang.

Klik juga ke

3. Jauh dari kata menyerah

Seseorang yang memiliki growth mindset tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi kegagalan. Dengan menjauhi kata menyerah, Anda akan terus memacu diri untuk memiliki pemahaman, pengalaman, pemikiran Anda terus bertumbuh.

4. Memiliki prinsip dan komitmen yang teguh

Seseorang yang memiliki growth mindset tentu saja memiliki prinsip-prinsip teguh di dalam dirinya. Sehingga nilai-nilai prinsip dari keteguhannya tersebut lampu menggiring pikirnya untuk terus berkembang.

5. Mampu berkembang dengan baik

Seseorang yang memiliki kualitas diri untuk berkembang merupakan tanda orang itu mampu meningkatkan dirinya.  Dengan demikian pola pikirnya menjadi lebih baik. Memiliki tujuan dan fokus adalah bukti seseorang mampu mensetting tujuan yang ingin diraih. Di sisi lain, orang yang memiliki growth mindset tentu saja memiliki hidup terarah.

Memang tidak mudah untuk mensetting diri agar memiliki growth mindset. Sehingga perlu ada komitmen khusus agar anda mampu menerapkan sikap growth mindset. Dengan begitu, Anda bisa berkembang di tahun 2022. Namun setidaknya beberapa pola pikir tersebut wajib anda ketahui seperti yang sudah terpaparkan.

Kesimpulannya, Dengan memahami growth mindset, Anda mampu memacu diri menjadi lebih baik. Selain itu akan terjadi banyak perubahan yang terjadi bila kita menerapkan growth mindset. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait