Fun Fact

5 Film yang Wajib Banget Mahasiswa Tonton Sekali Seumur Hidup!

Berikut ini adalah 5 film terbaik yang wajib banget mahasiswa tonton sekali seumur hidup. 1. 3 Idiots. 2. October Sky 3. Rudy Habibie 4. Accepted 5. Mona Lisa Smile

Andri Marza Akhda12 Desember 2023

Mahasiswa adalah mereka yang dipercaya sebagai bagian dari penerus bangsa. Mereka adalah harapan untuk bangsa dapat mencapai kemajuan di masa mendatang. Untuk menjadi seorang mahasiswa saja bukanlah perkara yang mudah. Terlebih lagi di Indonesia, di mana pemerataan akan pendidikan masih dalam kategori memprihatinkan.

Data dari Deputi Menteri Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK Prof Dr R Agus Sartono mengatakan di tahun 2021, bahwa ada sekitar 3.7 juta pelajar yang lulus dari SMA, MA dan SMK. Tapi hanya 1.8 juta lulusan yang bisa meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi.

Didapatkan juga dari Badan Pusat Statistik, mayoritas pemuda Indonesia adalah mereka lulusan SMA atau sederajat. Persentasenya mencapai angka 39,6%, berbanding jauh dari persentase pemuda Indonesia yang merupakan lulusan Perguruan Tinggi yakni sebesar 10,97%. Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini bisa terjadi. Faktor terbesar tentu saja adalah terkendala akan masalah biaya. Baik itu biaya Uang Kuliah Tunggal atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan, biaya kos-kosan, biaya makan, biaya transportasi, dan lain-lain.

Sebagai seseorang yang saat ini menyandang gelar sebagai mahasiswa, tentu kita wajib bersyukur. Masih diberikan kesempatan untuk bisa mengenyam indahnya pendidikan. Kita perlu menjadikan ini sebagai motivasi untuk menjadi lulusan terbaik dan bermanfaat untuk bersama.

Baca Juga: 5 Grup Facebook yang Wajib Banget Kamu Gabung di Dalamnya!

Berbicara soal motivasi, sebenarnya kita bisa mendapatkannya dari berbagai hal. Mulai dari data sebelumnya, saat membaca buku, mendengarkan podcast, dan juga menonton film. Nah, menonton film motivasi sendiri menjadi salah satu cara ampuh untuk menjaga api semangat untuk menamatkan kuliah saat menjadi mahasiswa dulu.

Lalu, apa saja sih film-film motivasi yang dulu penulis tonton selama masih berstatus sebagai mahasiswa?. Di sini penulis akan memberikan 5 daftar film motivasi keren untuk mahasiswa, yang setidaknya harus ditonton sekali seumur hidup. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!
 

1. 3 Idiots

Film Motivasi untuk Mahasiswa
3 Idiots

Di urutan pertama ada film India berjudul 3 Idiots. Film ini sendiri dibintangi oleh aktor bollywood ternama yakni Amir Khan. Film ini menceritakan tentang persahabatan antara 3 laki-laki yang mendapatkan julukan 3 idiots.

Mereka disebut 3 idiots karena memiliki pola pikir yang unik satu sama lain.

Dimulai Rancho, bintang utama yang memiliki pemikiran bahwa belajar itu menyenangkan dan bukan menghafalnya. Lalu Farhan yang sebenarnya ingin mempelajari lebih dalam tentang fotografi tapi malah memilih kuliah di jurusan mesin karena tuntutan Ayahnya.

Bisa dibilang bahwa Farhan adalah representasi sempurna untuk "Mahasiswa Salah Jurusan". Terakhir ada Raju mahasiswa yang sebenarnya mencintai jurusan mesin tetapi terlalu takut untuk percaya pada dirinya sendiri karena dihadapkan dengan banyaknya tekanan menjadi harapan keluarganya. Raju adalah representasi sempurna untuk mahasiswa yang masuk kategori sandwich generation.

Film ini memberikan kita banyak pelajaran, terutama soal cara belajar yang menyenangkan dan bukan sekedar untuk memenangkan kompetisi. Ingat juga pesan dari Rancho untuk selalu mengatakan All Is Well.

2. October Sky

October Sky
October Sky

Di nomor 2 ada October Sky. Film ini diangkat dari adaptasi buku berjudul Rocket Boys yang menceritakan tentang pencipta konsep roket yang sempurna bernama Homer Hickam. Tokoh ini sendiri dibintangi oleh aktor ternama Jake Gyllenhaal. Film ini menceritakan tentang persahabatan antara Homer dengan 3 temannya yakni Quentin, Roy Lee, dan O'Dell.

Cerita dimulai saat Homer terkesima melihat Sputnik, roket pertama buatan manusia dari Uni Soviet yang berhasil mengorbit di bumi Oktober 1957. Dari sanalah keinginan Homer untuk menciptakan roketnya sendiri muncul. Terlebih lagi saat itu Amerika sedang kesusahan menciptakan roket.

Usaha Homer dimulai dari menerbangkan roket mainan yang diberi peledak di pagar rumahnya. Bersama dengan temannya yakni Roy Lee dan O'Dell mereka justru malah terpental karena ledakan roketnya. Sadar bahwa mereka tidak cukup pengetahuan akan ilmu fisika dan kimia, mereka harus rela berteman dengan kutu buku yang aneh bernama Quentin. Tak disangka Quentin berhasil menjadi kunci penting untuk Homer membuka potensinya lebih dalam.

Film ini juga memberikan banyak pelajaran berharga akan pentingnya memiliki keinginan yang kuat meskipun lingkungan yang tidak mendukung. Di film ini kita diajarkan bahwa meskipun lingkungan kita rata-rata adalah tukang tambang bukan berarti kita otomatis menjadi tukang tambang juga. Yang artinya pengaruh paling besar untuk seseorang menjadi maju adalah dirinya sendiri.

Bagian menarik lainnya dari film ini adalah peran dari Miss Riley yang selalu menyemangati Homer untuk terus berusaha dan memenangkan kompetisi Sains Nasional.
 

3. Rudy Habibie

Film Inspirasi untuk Mahasiswa
Rudy Habibie

Rekomendasi ketiga ada film Rudy Habibie. Film ini sendiri menceritakan tentang sosok pahlawan bangsa bernama Bacharuddin Jusuf Habibie. Tokoh ini dibintangi oleh aktor ternama tanah air yakni Reza Rahadian.

Ceritanya fokus pada saat Habibie menempuh pendidikan di Aachen Jerman.

Di sana ia dan teman-temannya yakni Liem Keng Kie, Peter, Poltak dan Ayu fokus untuk bisa lulus dari kampus RWTH Aachen. Di mata teman-teman kuliahnya saat itu, Habibie terkenal sebagai seseorang yang cerdas, rajin, dan juga religius. Selain disibukan dengan kegiatan akademis, ia juga disibukkan dengan tugasnya di organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI. Bahkan ia sempat menjadi Ketua PPI cabang Aachen.

Saat itu, Habibie memiliki cita-cita untuk memajukan bangsa melalui dirgantara. Sayangnya, cita-cita mulia Habibie justru mendapatkan pertentangan dari anggota PPI dan juga pemerintah Indonesia. Film ini sendiri memberikan kita pengalaman lengkap akan konflik drama, politik dan sejarah. Di sini juga rasa cinta Habibie akan Indonesia diuji, di mana justru pemerintah Indonesia tidak akan membiayai program PPI mereka. Plus pemerintah Indonesia juga mengancam akan mencabut beasiswa mahasiswa yang tetap melanjutkan program tersebut.

Baca Juga: 7 Presiden dengan Latar Belakang IT

Film ini memberikan kita banyak pelajaran soal rasa nasionalisme yang tinggi. Rasa nasionalisme untuk bangsa dapat maju, dan ingat bahwa rasa nasionalisme ini berbeda jauh dari rasa sayang berlebihan kepada pemerintah. Habibie mampu memprioritaskan rasa sayangnya pada kemajuan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Sesuatu yang rasanya sulit didapatkan dari pemerintah kita sekarang ini ya!.
 

4. Accepted

Film Komedi untuk Mahasiswa
Accepted

Rekomendasi film motivasi untuk mahasiswa berikutnya adalah Accepted. Film ini menceritakan tentang Bartleby Gaines yang menciptakan universitas palsu bernama South Harmon Institute of Technology (SHIT). Bartleby Gaines sendiri diperankan oleh aktor Justin Long.

Cerita dimulai saat Bartleby Gaines ditolak oleh semua perguruan tinggi yang ia daftar. Tak mau orang tuanya kecewa, ia nekat mendirikan universitas palsu (SHIT) untuk semua orang yang ditolak. Ia bersama dengan teman-temannya mempersiapkan gedung perkuliahan, dosen, dan website universitas demi bisa menyakinkan keluarganya. Meskipun terkesan tidak realistis, di film ini kamu bisa belajar banyak dari sosok Bartleby Gaines. Di mana meskipun ia bodoh dan nakal, ia selalu memiliki ide kreatif untuk memecahkan masalah. Tidak bisa menjadi pembenaran memang, tapi ambil saja sisi kreatifnya dan jangan buat kebodohan dan kenakalan yang Gaines lakukan.

Semua seperti terlihat baik-baik sampai pada akhirnya website mereka dibanjiri database oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Karena terlanjur, Gaines kemudian berinisiatif untuk memperkenal metode belajar yang bebas dan juga merdeka.
 

5. Mona Lisa Smile

Mona Lisa Smile
Mona Lisa Smile

Terakhir ada film Mona Lisa Smile. Film ini memiliki latar belakang waktu di tahun 50-an, dan menceritakan tentang sosok Katherin Watson yang diperankan oleh aktris ternama Julia Roberts. Ia adalah seorang pengajar seni di kampus khusus perempuan yakni Wellesley College.

Sebagai seorang pengajar, Katherine memiliki banyak masalah. Ia memiliki masalah untuk menghadirkan metode pembelajaran yang baru. Di mana ternyata anak didiknya sudah sangat pintar di bidangnya, dan itu membuat Katherine speechless. Metode pembelajaran baru yang ia bawakan tidak langsung mendapatkan restu. Ia melewati gelombang protes yang begitu besar.

Baca Juga: 7 Contoh Penggunaan AI di Negara Indonesia

Film juga menceritakan POV dari karakter lain seperti Betty Warren yang memutuskan menikah sebelum lulus. Joan Brandwyn yang terjebak akan impian keluarganya. Giselle Levy yang menjadi siswa broken home dan melampiaskan kemarahannya dengan menjadi simpanan. Di dalam film ini, kita akan belajar banyak tentang emansipasi wanita melawan sistem feodal.

Inilah 5 film motivasi keren untuk mahasiswa. Yang mana nih yang sudah kamu tonton atau akan kamu tonton?. Ikuti terus blog Anakteknik.co.id ini untuk dapatkan insight menarik lainnya ya. Semoga bermanfaat.
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait