Teknologi

5 Macam Pembangkit Listrik Termal Di Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

Pembangkit Listrik Termal merupakan pembangkit utama yang memasok kebutuhan listrik di Indonesia, Apa saja itu?

Ed23 September 2021

Pembangkit Listrik Termal menjadi pembangkit listrik utama yang memasok kebutuhan listrik di Indonesia. Pembangkit listrik termal merupakan pembangkit yang menggunakan energi  panas untuk dapat dikonversi menjadi energi listrik. Pembangkit listrik termal pada umumnya menggunakan bahan bakar sebagai energi primer seperti batu bara dan minyak bumi.

Indonesia merupakan negara yang memiliki tambang batu bara yang cukup besar. Kamu pasti sudah mengetahui beberapa pembangkit termal, apa saja itu? Berikut 5 Pembangkit Listrik Termal yang ada di Indonesia.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Pembangkit Listrik Tenga Uap merupakan pembangkit yang menggunakan bahan bakar batu bara untuk memanaskan boiler yang akan akan menghasilkan uap panas bertekanan tinggi. Uap panas ini nantinya menggerakan turbin dan dapat dikonversi menjadi energi listrik oleh genertor.

PLTU memiliki kelebihan yaitu dapat mengunakan berbagai jenis bahan bakar dalaam bentuk padat, cair, maupun gas sebagai energi primernya. Umumnya PLTU dibangun di daerah sekitar pantai karena PLTU membutuhkan air pendingin dalam jumlah yang banyak.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Pembangkit Listirk Tenaga Gas merupakan pembangkit yang memanfaatkan gas (udara panas) untuk menggerakan turbin gas sehingga dapat dikonversi menjadi energi listik. PLTG dapat beroperasi dengan menggunakan bahan bakar berupa gas ataupun HSD (High Speed Diesel).

PLTG memiliki peralatan utama yaitu air filter, kompresor, Combustion chamber (ruang bakar), turbin gas dan generator. PLTG memiliki proses stsarting yang lebih singkat dibanding dengan PLTU karana tidak perlu memanaskan boiler.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel merupakan pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak / HSD ( High Speed Diesel) sebagai energi utama yang akan di konversi menjadi energi listrik oleh generator. PLTD menjadi salah satu pembangkit yang sudah lama digunakan di Indonesia.

Klik juga

4. Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU)

Pembangkit Listirk Tenaga Gas dan Uap merupakan gabungan dari PLTU dan PLTG dimana penggabungan inidituju untuk meningkatkan efisiensi dalam pembangitan energi listrik dengan memanfaatkan gas buang dari Combustion chamber. Yang nantinya dimanfaatkan untuk mamanaskan boiler sehingga dapat memutar turbin uap dan dikonversi menjadi energi listrik oleh generator.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi memanfaatkan uap panas dari sumber panas bumi untuk menggerakan turbin uap, dimana energi mekanik dari turbin uap dikonversi menjadi energi listik. Biasanya PLTP dapat kita jumpai di daerah lempeng tektonik yang menjadi sumber panas bumi.

Itulah 5 Macam Pembangkit Listrik Termal Di Indonesia , Kamu sudah penah jumpa yang mana sob?

Share:

0 Komentar