Industri

6 Manfaat Ketika Kamu Belajar AutoCAD, Sampai Dapat Kerjaan

Dari kuliah sampai kerja selalu ketemu sama AutoCAD. Kenapa selalu ada AutoCAD? Dan apa manfaat dan keuntungan dari belajar AutoCAD

Ishak Okta Sagita3 Juni 2021

Mahasiswa teknik sejak kuliah sudah dipertemukan dengan AutoCAD, salah satu software buatan AutoDesk. AutoCAD seringkali diajarkan pada mata kuliah gambar teknik (beberapa menyebutkan gambar struktur, gambar mekanik, atau sejenisnya).

AutoCAD digunakan mahasiswa untuk membuat dan mendeskripsikan gambar teknik agar mudah dibaca orang lain. Hal ini karena orang teknik memiliki satu bahasa universal yaitu bahasa gambar. Artinya siapapun akan mudah memahami benda kerja ketika ada gambar.

Pekerjaan seperti drafter adalah mereka yang berkutat AutoCAD. Tetapi bukan berarti, pekerjaan lainnya tidak butuh AutoCAD. Seorang manajer proyek juga perlu bisa membaca gambar agar mudah mengatur pekerjaan. Dalam industri konstruksi dan manufaktur, segala posisi membutuhkan seseorang dengan pemahaman AutoCAD.

Dapat dibilang AutoCAD menjadi salah satu skill yang selalu dibutuhkan segala posisi. Dan banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika belajar AutoCAD, bahkan sampai jago AutoCAD.

1. Menambah value dan kompetensi di CV

menambah nilai dalam CV
pexels.com/@goumbik

Mempelajari satu skill baru sangat bermanfaat karena dapat menambah value kamu sendiri. Dapat dikatakan belajar skill baru adalah cara kamu berinvestasi dengan diri sendiri untuk meningkatkan kompetensimu dan memperkuat mental

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu belajar AutoCAD. Mempelajari AutoCAD, bahkan sampai ikut pelatihan tentu menambah pengetahuan dan wawasanmu. Alhasil kamu jadi makin percaya diri untuk melamar pekerjaan.

2. Memudahkan pengerjaan gambar

gambar teknik dengan autocad
Image by RAEng_Publications from Pixabay 

Bukan tanpa alasan kenapa AutoCAD banyak dipakai oleh pelaku industri. Banyak kemudahan yang kamu dapatkan kalau menggambar pakai AutoCAD, yaitu

  • Meningkatkan akurasi dan mengurangi terjadinya error
  • Menghemat waktu dan uang
  • File mudah dipindahkan
  • Menjadi database untuk pengerjaan manufaktur
  • Kemudahan dalam pengaturan skala gambar

Semua kelebihan tadi dapat ditemukan ketika kamu bisa menggunakan AutoCAD. Walau gak menutup kemungkinan juga ada pada aplikasi gambar teknik lainnya.

3. Hasil gambar dapat digunakan sebagai portfolio

portofolio gambar autocad
Caption

Untuk yang belum tahu, portfolio adalah arsip kumpulan dari hasil pekerjaan seseorang. Bentuknya bisa berupa pencapaian kerja, hasil karya, dokumentasi proyek, hingga desain gambar. Dalam konteks ini kita bicara desain gambar teknik.

Pekerjaan manapun yang berkaitan dengan desain selalu dimintai portfolio. Tujuannya adalah agar orang bisa melihat desain yang kamu buat. Dan itu lebih memudahkan dalam sesi wawancara kerja.

Kembali lagi, gambar adalah bahasa universal orang teknik. Jika bahasa asing dirasa lemah, kamu masih bisa menunjukan portfolio gambar teknik.  

4. Membuka peluang pekerjaan sebagai drafter lepas

freelance drafter cad
cadsourcing.com

Setelah punya portfolio, kamu bisa menawarkan jasa gambar AutoCAD kepada orang-orang diluar sana. Baik dilakukan secara mandiri, melalui sosmed, melalui komunitas AutoCAD, grup komunitas Anak Teknik, atau platform penyedia freelancer.

Pekerja lepas merupakan tren pekerjaan idaman generasi muda saat ini. Menurut websiteplanet.com, hampir 70% pekerja lepas merupakan usia muda (18-34 tahun).

Menjadi pekerja lepas merupakan solusi untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan dari luar kota/ negeri tanpa harus pindah domisili. Atau fresh graduate yang belum mendapatkan panggilan wawancara kerja. Serta mahasiswa yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan

5. Mengenal logika sebuah desain atau gambar teknik

logika gambar teknik
bluentcad.com

Saat kuliah gambar teknik dengan AutoCAD, dosen gak sembarangan mengajarkan gambar. Beberapa dari kamu mungkin ditegur dosen karena gambarnya asal-asalan. Hal ini karena gambar teknik harus mudah dipahami oleh kedua belah pihak, khususnya orang awam.

Menurut Takeshi Sato, gambar teknik perlu di tafsirkan secara objektif. Maka ada aturan, standar-standar, tata cara menggambar teknik. Karena kembali lagi, gambar teknik merupakan bahasa universal orang teknik

6. Dapat meningkatkan gaji

meningkatkan pendapatan bulanan
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Memiliki skill AutoCAD membuat nilai jualmu bertambah. Apalagi ditambah jam terbang tinggi dan memiliki sertifikat AutoCAD tentunya bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Hal ini karena user/klien/ atau perusahaan tempatmu tahu bahwa kamu berkualitas dalam mengoperasikan AutoCAD.

Nah, itu tadi adalah manfaat yang kamu dapatkan jika belajar AutoCAD. Banyak untungnya kan? Untuk kamu yang ingin meningkatkan skill AutoCAD, masih tertinggal dari teman-temanmu, atau ingin belajar AutoCAD lebih dalam?

Kamu bisa gabung e-course Anak Teknik Academy terkait AutoCAD. Langsung saja klik MEP Plumbing & HVAC With AutoCAD untuk belajar MEP pakai AutoCAD

 

Share:

0 Komentar