Industri

8 Prospek Karier Untuk Lulusan Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan sudah ada sejak 100 tahun yang lalu sejak ditemukannya mesin uap. Sampai sekarang, jurusan teknik perkapalan masih memiliki peluang prospek kerja yang sangat bagus. Untuk kamu freshgreduate teknik perkapalan, bisa lho jadi pertimban

Ishak Okta Sagita9 April 2021

Menurut meriam-webster, teknik perkapalan (marine engineering) adalah cabang ilmu keteknikan yang berurusan dengan kosntruksi dan pengoperasian pembangkit listrik dan peralatan mekanik dari kapal, dermaga dan instansi pelabuhan.

Walau belajar tentang kapal, lulusan teknik perkapalan gak selalu bekerja di lautan lepas. Orang-orang yang kerja di lautan lepas kebanyakan adalah lulusan kejuruan pelayaran dan sejenisnya. Dengan kata lain, gak selalu lulusan teknik perkapalan kerjanya melaut seperti nenek moyang kita.

Prospek kerja lulusan teknik perkapalan

Sebagai salah satu ilmu keteknikan tertua, lulusan teknik perkapalan juga memiliki prospek kerja yang gak bisa dipandang sebelah mata. Terutama untuk wilayah kelautan seperti Indonesia pasti butuh lulusan teknik perkapalan.

Dan, apa saja prospek pilihan untuk lulusan teknik perkapalan?

1. Arsitek Perkapalan

Arsitek Perkapalan Teknik Perkapalan
webb.edu/

Selain gedung, industri perkapalan butuh seorang arsitek  untuk mendesain kapal supaya bisa dipakai oleh banyak orang.  Dalam industri perkapalan sendiri biasa disebut sebagai marine architect.

Tugas dari seorang marine architect adalah membuat desain secara menyeluruh lengkap dengan spesifikasi kapal. Membuat denah bagian luar dan dalam sebuah kapal. Dan yang terpenting adalah membuat kapal sedemikian rupa sehingga nyaman untuk manusia. Pekerjaannya gak jauh berbeda sama architectural technologist.

2. Marine Surveyor

Marine Surveyor lulusan teknik perkapalan
marineinsight.com

Surveyor adalah seseorang yang mengawasi dan mengamati sebuah pekerjaan. Pada industri perkapalan juga memiliki seorang surveyor yang biasa disebut sebagai Marine Surveyor.

Tugas dari seorang marine surveyor adalah mensurvei kapal secara menyeluruh baik sebelum dan sesudah pengiriman. Sebelum melakuakn pengiriman, kapal dianalisa secara menyeluruh untuk menentukan kelayakan pakai. Lalu, setelah pemakaian ada survei lanjutan untuk mempelajari kinerja kapal selama kurun waktu tertentu.

3. Project Manager

Marine project manager teknik perkapalan
mici.com

Dalam sebuah proyek besar, ada sosok yang memegang tanggung jawab menyeluruh ke segala divisi. Sosok tersebut adalah project manager. Dan dalam industri perkapalan biasa disebut sebagia marine project manager.

Tugas seorang marine project manager adalah menyusun lembar kerja proyek dari awal sampai selesai. Mengatur estimasi pekerjaan. Menyiapkan administrasi berupa logistik dan proposal kerja. Serta berkoordinasi dengan divisi lain agar proyek bisa terselesaikan dengan baik.

4. Project Engineer

Marine project engineer teknik perkapalan
damen.com

Serupa dengan project manager, ada sosok yang memegang divisi engineering dalam sebuah proyek. Dia adalah marine project engineerTugas seorang marine project engineer ialah mengatur jalannya proyek yang sudah direncanakan oleh project manager. Selain itu, ia juga bertanggung jawab pada divisi engineering serta menjalin koordinasi dengan divisi lainnya.

5. Pegawai Swasta/ Negeri / BUMN

Pegawai kantoran lulusan teknik perkapalan
lacreme.ie

Dengan menyandang lulusan teknik perkapalan, kamu masih bisa menjadi pekerja kantoran. Sebenarnya gak ada yang salah dengan kerja kantoran. Kamu bisa memilih menjadi pegawai swasta, PNS atau pegawan BUMN.

Keuntungan lain menjadi pekerja kantoran adalah kamu bisa mengeskplor diri dengan mendaftar Management Trainee. Posisi MT terbuka untuk semua jurusan, termasuk teknik perkapalan. Realitanya akan ada lulusan teknik perkapalan yang bekerja diluar apa yang dia pelajari semasa kuliah.

6. Dosen

Dosen teknik perkapalan
maritimeinfo.org

Tenaga pengajar adalah salah satu pekerjaan yang masih terus ada sampai kapanpun. Biar bagaimanapun, pendidikan tinggi membutuhkan seorang pengajar dengan klasifikasi tertentu. Salah satunya adalah menjadi dosen.

Kamu yang ingin mengajar dengan bekal lulusan teknik perkapalan bisa mendaftarkan menjadi dosen. Syaratnya adalah kamu harus menyelesaikan S2 terlebih dahulu. Namun, sebagai awalan bisa mendaftar menjadi asisten dosen sembari mengambil studi lanjutan.

7. Konsultan

Konsultan teknik perkapalan
pexels.com/@sora-shimazaki

Jasa konsultan sangat dibutuhkan oleh industri perkapalan sekalipun. Biar bagaimaanpun, industri perkapalan juga gak lepas dari permasalahan. Terutama, kasus kapal Evergreen yang nyangkut di Terusan Suez yang membuat dunia geleng-geleng dan merugikan secara materi

Konsultan bertugas untuk menjawab kekhawatiran para pelaku yang menjalankan bisnis perkapalan. Solusi yang ditawarban dapat berupa nasehat bisnis maupaun urusan teknis. Umumnya konsultan perkapalan adalah mereka dengan pengalaman puluhan tahun atau tenaga ahli dari perguruan tinggi.

8. Marine design engineer

Marine design engineer lulusan teknik perkapalan
pexels.com/@olly

Terakhir, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang punya passion menggambar. Di Teknik Perkapalan sendiri ada mata kuliah gambar teknik. Dan skill gambar menjadi salah satu yang dicari banyak perusahaan baik dalam maupun luar negeri.

Kamu bisa memulai mengasah diri dengan melatih skill gambar secara konsisten. Salah satu software yang dipakai oleh industri perkapalan adalah Autodesk Fusion 360 karena dapat mengakomodir kebutuhan CAD, CAE, dan CAM pertama di kategorinya. Untuk penjelasan mendalamnya, Silahkan klik perbedaan CAD, CAE dan CAM

Jika kamu mau belajar lebih dalam tentang gambar perkapalan, Anak Teknik Academy punya online training berjudul Easy Drawaing with Aurtodesk Fusion 360. Kelas ini cocok bagi kamu yang butuh upgrade skill, khususnya desain kapal.

Untuk registrasi, bisa lompat langsung di sini.

Share:

0 Komentar

Related Article