Pengetahuan

Membuat Desain Interior Untuk Showroom Mobil

Showroom mobil bukan hanya tempat untuk memperkenalkan koleksi mobil, tetapi juga bagian penting dalam keberlangsungan bisnis.

Ishak Okta Sagita10 November 2025

Showroom mobil adalah tempat bagi pecinta otomotif untuk melihat koleksi mobil dari berbagai perusahaan. Selain sebagai pameran, showroom juga berfungsi sebagai tempat jual beli berbagai merek mobil.

Secara bisnis, showroom mobil memiliki segmentasi yang lebih spesifik, seperti pencari mobil klasik dari merek tertentu. Ini berbeda dengan dealer mobil yang fokus menjual mobil keluaran terbaru.

Untuk menarik pengunjung, showroom mobil tidak hanya menampilkan mobil lawas. Estetika tempat menjadi daya tarik utama untuk mengundang orang datang.

Arsitek berperan penting dalam menghadirkan desain interior showroom mobil. Namun, sebelum menggunakan perangkat lunak, penting untuk memahami cara membuat desain showroom mobil yang efektif.

Membuat Desain Interior Showroom Mobil

showroom mobil

Mendesain showroom mobil yang tahan lama memerlukan perencanaan yang matang. Ikuti langkah-langkah berikut saat membuat desain interior showroom mobil untuk menarik pengunjung.

Rencanakan ruangan untuk showroom mobil

Showroom mobil adalah kumpulan koleksi mobil dari berbagai merek. Namun, tidak semua area showroom diisi 100% mobil; Anda perlu menyiapkan area untuk kegiatan operasional perkantoran.

Klasifikasikan rencana showroom mobil dengan zona fungsional: 60% dari total luas lantai untuk mobil, 20% untuk area tunggu (lounge), dan 20% untuk kegiatan kantor.

Sebagai tambahan, letakkan mobil terfavorit di dekat pintu masuk untuk menarik pengunjung. Sisanya adalah mengatur jalur sirkulasi pengunjung dari masuk hingga keluar.

Pencahayaan berlapis untuk memberi efek dingin dan lembut

Pencahayaan berfungsi untuk membangun suasana emosional pengunjung. Oleh karena itu, pemilihan lampu sangat krusial dalam mendesain interior.

Lampu sorot LED dengan tone dingin (5000K, 800-1000 lumen per meter persegi) diletakkan di atas mobil untuk menonjolkan bodi dan cat. Kemudian, pasang lampu dengan tone hangat (3000K) di ruang lounge dan area kantor untuk menciptakan kenyamanan.

Tampilkan ruang informasi untuk pengunjung

Seperti museum, showroom mobil harus menyediakan informasi terkait mobil yang dipajang. Anda dapat menyampaikan info tentang sejarah mobil, cerita di balik pemilik sebelumnya, dan harga pasarannya.

Informasi ini menjadi alat bagi showroom mobil untuk membangun interaksi dengan pengunjung. Untuk ini, Anda dapat menggunakan TV layar sentuh atau banner.

Utamakan kenyamanan pengunjung

Showroom mobil harus memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Salah satu bentuk kenyamanan adalah menyediakan tempat duduk ergonomis, meja, dan tempat untuk mengambil minuman.

Selain itu, pasang kedap suara pada ruang konsultasi untuk menjaga kerahasiaan. Ruangan ini cocok untuk tujuan bisnis seperti penyelesaian administrasi pembelian.

Visualkan Showroom Mobil dengan Aset 3D Model Sketchup

Showroom bukan hanya tempat untuk memperkenalkan koleksi mobil, tetapi juga bagian penting dalam keberlangsungan bisnis.

Desain interior adalah elemen penting yang dapat berkontribusi mendatangkan pengunjung. Penentuan pencahayaan, penempatan mobil, hingga klasifikasi area memiliki dampak pada estetika showroom.

Desain showroom mobil akan lebih akurat dengan adanya model mobil visualisasi. Tidak mungkin membuat desain showroom tanpa model 3D sama sekali.

Model 3D berfungsi sebagai alat bantu komunikasi dengan klien. Tanpa aset model 3D, desainer hanya akan berbicara tanpa visualisasi konkret.

Jika Anda tidak ingin membuat desain showroom yang abstrak, gunakan aset model 3D mobil Sketchup dengan berbagai varian merek.

Klik Model 3D Automotive Sketchup untuk melihat koleksi mobil dan pemesanan!

Share:

0 Komentar