Kreatifitas

8 Aspek Design Thinking untuk Penciptaan dan Pengembangan Inovasi

Design Thinking merupakan sebuah perencanaan tata kelola desain yang akan dibuat sesuai dengan desain yang akan kita buat. Fokus dari design thinking untuk menyelesaikan sebuah akar permasalahan yang sedang terjadi.

Minir3 Januari 2022

Design Thinking merupakan perencanaan tata kelola yang dibuat sesuai dengan yang akan dibuat.

Fokus dari design thinking adalah untuk menyelesaikan sebuah akar permasalahan yang sedang terjadi. Dalam perkembangan teknologi, setiap individu dituntut adaptif dan inovatif untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan.

Beragam inovasi yang kita ciptakan guna untuk mengembangkan karya cipta inovasi yang dihasilkan. Penting bagi Anda untuk memahami beberapa aspek penting design thinking untuk pengembangan inovasi.

Aspek utama penciptaan dan pengembangan inovasi

Berikut penulis akan menjelaskan aspek utama penciptaan dan pengembangan inovasi.

1. Tentukan tantangannya

Dalam proses pembuatan inovasi, perlu ada latar belakang  permasalahan atau tantangan. Masalah itu tersebut harus mampu kita identifikasi dan analisa dengan tepat. Biasanya masalah yang terjadi bisa kita identifikasi di area lingkungan terdekat dahulu.

2. Kumpulkan data

Inovator selalu mengkaji ulang kumpulan referensi untuk memperkuat inovasi yang akan diciptakan.

3. Petakan ulang tantangan.

Dalam proses analisa latar belakang permasalahan perlu melakukan perincian dari masalah yang dihadapi. Hal tersebut dilakukan agar proses analisa permasalahan lampu diidentifikasi dengan tepat dan benar.

4. Melakukan inkubasi

Pentingnya wawasan kita dalam proses pengembangan dan juga penciptaan inovasi merupakan sebuah kewajiban. Sehingga dengan adanya proses inkubasi akan bisa membuat matang Penciptaan dan pengembangan inovasi.

Mampir juga ke

5. Hasilkan ide

Setelah mengidentifikasi latar belakang masalah, Anda dapat menentukan ide untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Secara garis besar ide yang dihasilkan harus sinkron dengan permasalahan yang sedang dihadapi.

6. Literasi

Aspek literasi merupakan sebuah sarana agar kita mampu sharing inovasi yang akan kita buat. Serta mengumpulkan orang-orang yang terlibat dalam inovasi yang akan kita buat.

7. Take Action atau Laksanakan

Pelaksanaan merupakan sebuah kunci penting dalam pembuatan inovasi. Dikarenakan proses pelaksanaan akan menentukan hasil dari inovasi yang akan anda buat. maka dari itu didalam take action ini perlu ada kesiapan dan kematang ide inovasi yang baik.

8. Kaji hasil dan perbaiki

Setelah mengerjakan, Anda perlu mengkaji kelemahan juga kelebihan dari inovasi yang Anda buat. Sehingga Anda mampu mengembangkan inovasi tersebut menjadi lebih baik.

Tidak ada inovasi yang dibuat dengan cara instan, melainkan melalui proses yang baik dan terstruktur. Salah satunya menggunakan design thinking. Dengan demikian inovasi tersebut mampu terealisasi dan memiliki nilai relevansi yang cukup baik.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait