Opini

Strategi dan Harapan Bahan Bakar Bersih pada Sektor Transportasi di Indonesia

Pemerintah Indonesia berupaya untuk dapat mengurangi dan menghentikan penggunaan BBM dan akan lebih fokus pada penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Minir19 Januari 2022

Jumlah alat transportasi di Indonesia sangatlah banyak. Peningkatan jumlah kendaraan diimbangi dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat.

Karena saat ini transportasi sangatlah beragam mulai dari transportasi darat, laut, dan udara. Namun yang menjadi fokus disini bukan jumlah kendaraannya, melainkan sistem bahan bakar belum ramah lingkungan.

Saat ini bahan bakar fosil masih mendominasi pasar bahan bakar transportasi.

Gejolak kemunculan elektrifikasi pada tranportasi

Perusahaan besar dunia sedang berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang beroperasi tanpa bahan bakar fosil. Fenomena tersebut terlihat dari bermunculannya kendaraan bermotor yang menggunakan tenaga listrik.

Kendaraan bertenaga listrik diklaim lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil.

Baca juga 

Strategi jitu pemerintah dalam menyikapi proses elektrifikasi pada kendaraan

Dalam konferensi dunia banyak sekali negara yang setuju untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Caranya dengan cara bertransisi ke energi renewable. Salah satu negara yang menyetujui statement ini adalah Indonesia.

Saat ini, di Indonesia sudah mulai memasarkan dan menerapkan penggunaan kendaraan energi bersih. Bahkan di penghujung tahun 2021, pemerintah Indonesia berupaya mengurangi dan menghentikan penggunaan BBM. Dan mulai fokus pada penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, pemerintah masih mengalami kendala dalam proses pengembangan bahan bakar bersih. Sehingga dalam hal ini pemerintah berupaya untuk menanggulangi kendala-kendala tersebut.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia

  • Menyusun skema tata kelola dan strategi sistem pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan yang memiliki jangka waktu panjang.
  • Membuat roadmap perencanaan strategis dalam rangka pengembangan bahan bakar bersih seperti bahan bakar nabati.
  • Membuat kebijakan dan mengimplementasikan regulasi untuk mendukung proses berkelanjutan penerapan bahan bakar bersih pada kendaraan transportasi.

Harapan Indonesia untuk bisa bertransformasi dari pengguna bahan bakar fosil menunju bahan bakar bersih

Saat ini di Indonesia, selain proses elektrifikasi yang dilakukan pada kendaraan. Pemerintah juga berupaya dengan pihak terkait untuk bisa menciptakan bahan bakar nabati.

Salah satu upaya pemerintah yaitu memanfaatkan kelapa sawit sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

Negara Indonesia saat ini memang memiliki fokusan yang serius terhadap penerapan energi terbarukan. Dalam penerapan bahan bakar bersih, saat ini masih ada kendala yang perlu dihadapi. Sehingga Indonesia pun berkomitmen untuk bisa mensukseskan penerapan energi terbarukan di tahun 2030.

Share:

0 Komentar