Pengetahuan

4 Tips Menumbuhkan Minat Membaca

Membaca merupakan hal yang sangat sulit jika tidak dibiasakan untuk itu berikut beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan untuk meningkatkan minat baca kamu

Fatchul Amin2 Desember 2021

Membaca merupakan salah satu cara yang untuk meningkatkan kemamuan literasi. Kegiatan ini dianggap membosankan tetap ini harus dilatih. Serta dibiasakan agar menjadi salah satu hal yang menyenangkan.

Bagaimana itu, mari kita simak beberapa tips yang dapat meningkatkan minat bacamu

1. Ketahui apa buku yang kamu suka

Dalam membaca ada beberapa genre buku. Untuk memulai adalah dengan mengetahui tipe buku apa yang kamu sukai. Mulailah dengan membaca buku novel, cerpen ataupun thread-thread yang tersebar di Twitter.

Namun kamu jangan memaksa untuk membaca topik yang berat bahkan yang tidak kamu sukai. Karena bisa membuat kamu mendapat kesan yang tidak baik. Awalilah membiasakan membaca dengan membaca hal-hal yang ringan  

10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2021) |  mybest

Sumber : Image/ My-best.id

2. Mengunjungi Perpustakaan 

Mengunjungi perpustakaan bisa menjadi opsi kamu untuk melihat-lihat beberapa bacaan yang bisa dipinjam. Dengan meminjam buku, kamu bisa menghemat uang. Kamu akan mengunjungi perpustakaan secara otomatis jika ada buku yang menarik.

Adanya jangka waktu peminjaman menjadi pemicu untuk kamu segera menyelesaikan buku. Terkadang sesuatu hal yang baik harus ada sedikit paksaan.

9 Rekomendasi Novel dengan Tema Persahabatan yang Wajib Dibaca - Lifestyle  Fimela.com

Sumber : Image/Fimale.com

3. Membuat List Buku yang akan dibaca 

Buku to do list /buku memo / Buku list order olshop/buku list order |  Shopee Indonesia

Sumber : Twitter/Literaturbase

Kamu bisa mulai dengan membuat list ataupun jadwal buku apa yang ingin kamu baca. Buat dalam jangka waktu hari,minggu,ataupun bulan. Hal ini bisa menjadi pelacak untuk mengetahui buku mana saja yang telah kamu baca. Kamu bisa memanfaatkan alarm di smartphone sebagai pengingat untuk hal-hal yang telah dibaca, ingin dibaca, dan selesai dibaca.

Dengan adanya pengingat akan membuatmu semakin terarah dalam membaca. Lebih semangat serta memotivasi untuk membaca dan menyelesaikan misi kamu

Baca juga 


4. Ikuti Akun-Akun Buku Di Sosial Media

Dengan mengikuti akun-akun media sosial, kamu akan mendapat informasi buku untuk kamu baca. Hal tersebut dapat menambah referensi kamu dalam membaca serta termotivasi untuk menyelesaikannya.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk memicu minat bacamu dan menambah kebiasaan barumu. Tetap semangat dan terus berkembang. Jangan merasa puas dengan apa yang telah kamu raih, dengan membatasinya dengan bersyukur. Terimakasih jika kamu suka dengan artikel ini, kamu bisa like, comment, dan juga share keteman-temanmu yaaa.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait